Mohon tunggu...
Dede Diaz Abdurahman
Dede Diaz Abdurahman Mohon Tunggu... Travel Blogger

Blogger Traveller, Football lover, Food hunter, and Slowly biker

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Mencicipi Nikmatnya Gohu Ikan Ternate

8 Desember 2018   15:45 Diperbarui: 8 Desember 2018   15:52 0 2 2 Mohon Tunggu...
Mencicipi Nikmatnya Gohu Ikan Ternate
dok pribadi

Sajian kuliner berbahan dasar ikan mentah khas Jepang atau lebih dikenal dengan sashimi memang menjadi sajian kuliner yang menarik bagi sebagian orang pecinta kuliner. Termasuk saya sendiri yang selalu ingin mencoba kuliner khas suatu daerah ketika sedang travelling.

Ketika mengunjungi daerah daerah di tanah air yang pertama saya tanyakan ke orang orang setempat adalah makanan atau minuman khas dari daerah tersebut baru setelah itu mencari destinasi wisata nya.

Seperti yang baru saja saya kunjungi yaitu kota Ternate di Provinsi Maluku Utara ini. Ternate merupakan kota ke 3 di wilayah Indonesia bagian Timur setelah Banda Neira dan Ambon.

Ternyata di Indonesia tepatnya di daerah Ternate Maluku Utara ada sajian yang menyajikan kuliner berbahan dasar ikan mentah alias Sashimi. Sashimi ala Ternate ini Β sering disebut Gohu Ikan. Ikan yang biasa digunakan adalah ikan tuna atau cakalang.

Cara membuatnya pun sangat mudah. Daging tuna mentah dan segar dipotong kecil-kecil dan dicincang lalu cuci sampai darahnya hilang. Meski tidak dimasak di atas api, daging tuna yang kemerahan akan menjadi putih karena disiram dengan perasan lemon cui. Daging ikan itu nantinya akan masak karena pengaruh perasan air lemon.

Agar rasanya lebih nendang, tambahkan bumbu seperti bawang merah, cabe dan kacang tanah. Haluskan bumbu tadi lalu tumis dengan minyak kelapa. Siramkan bumbu tersebut di atas ikan yang sudah dicincang. Tambahkan sedikit irisan daun kemangi agar aromanya makin sedap.

Gohu ikan ini biasanya disantap dengan ditemani singkong rebus atau pisang santan. Saya sendiri lebih menyukai gohu ikan ini untuk mengisi perut dibanding makan dengan nasi seperti biasa. Dan alhasil saya bisa nambah 2x untuk makan gohu ini hehehe.

Kandungan dari gohu ikan ini banyak mengandung protein, omega 3 dari ikan tuna dan cakalang, serta karbohidrat dari singkong. Gohu ikan ini lebih nikmat ditemani secangkir teh manis hangat. Jadi kapan kalian mencoba makanan tradisional dari seluruh Nusantara??

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x