Mohon tunggu...
Dias Ashari
Dias Ashari Mohon Tunggu... Wanita yang bermimpi GILA, itu akuuu..

Mantan Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Jus Tempe Kurma ala Diet JSR

28 Oktober 2020   22:35 Diperbarui: 28 Oktober 2020   23:02 108 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jus Tempe Kurma ala Diet JSR
Bahan Jus Tempe Kurma , Sumber : Dokumen Pribadi

Siapa sih yang tidak tahan dengan kriuknya tempe goreng yang membuncah dalam mulut. Wah pastinya hampir semua orang akan suka dengan olahan makanan yang satu ini. Tapi tahukah kamu ? bahwa ada cara lain dalam mengolah tempe yang lebih baik yaitu dengan cara dikukus atau dibuat jus. Hal tersebut bisa dilakukan dengan catatan tempe yang akan diolah harus dalam keadaan hiegenis.

Nah tanpa kita sadari ternyata dalam tempe itu ada mahluk hidup yang tumbuh dan berkembang. Mahluk hidup itu bernama prebiotik dan ia akan berwujud mikroba yang biasa dikenal dengan nama bakteri asam laktat. Nah bakteri ini juga biasa ditemukan dalam olahan susu seperti yogurt. Bahkan dari jurnal yang pernah penulis baca, ternyata kandungan asam laktat dalam tempe kadarnya lebih tinggi dibandingkan dengan olahan lainnya.

Salah satu kesalahan dalam mengolah tempe yang banyak orang lakukan adalah dengan cara menggorengnya. Selain hal ini dapat menghancurkan bakteri baik prebiotik, hal ini juga akan merubah minyak kedelai yang mengandung lemak nabati sehat menjadi lemak jenuh. Seperti yang sudah diketahui, bahwasannya lemak jenuh inilah salah satu penyebab timbulnya penyakit kolesterol dalam tubuh.

Kali ini penulis akan mengupas bagaimana cara membuat jus tempe kurma yang sehat dan menyegarkan. Sebetulnya resep sehat ini sudah sering dikampanyekan oleh Ustad Dr. Zaidul Akbar, beliau merupakan salah satu dokter yang konsen membahas makanan sehat dalam Islam. Penulis sendiri terinspirasi karena olahan jus ini selain mengeyangkan juga baik untuk kondisi pencernaan.

Sebelumnya penulis akan sedikit mengulas manfaat dari bahan-bahan yang akan digunakan dalam proses membuat jus tempe kurma ini. Untuk tempe sudah sangat jelas manfaatnya seperti yang sudah dipaparkan diparagraf sebelumnya. Kemudian kurma sendiri, selain bagus untuk menambah energi dalam tubuh, kurma juga merupakan salah satu pemanis yang lebih baik dibandingkan gula. Kemudian bahan lainnya ada madu dan lemon yang bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Untuk membuat jus ini maka bahan-bahan yang harus disiapkan adalah tempe segar, 7 butir kurma, 1 buah lemon, kayu manis secukupnya, 3 sendok madu dan 400 ml air putih. Langkah pertama potong tempe dengan ukuran lebih kecil agar memudahkan proses pengadukan dalam blender. 

Pisahkan kurma dari bijinya kemudian masukan kedalam blender. Masukan 3 sendok madu, perasan lemon dan 400 ml air putih. Setelah itu blender sampai semua bahan tercampur sempurna. Hidangkan jus tempe kurma kedalam gelas sesuai selera. Tambahkan bubuk kayu manis dan taburkan diatasnya. Kemudian tambahkan irisan lemon untuk mempercantik penampilannya.

Aroma kayu manis yang memanggil hidung untuk segera memberi sinyal kepada otak untuk segera meminumnya. Lembutnya tempe bercampur dengan manisnya kurma yang langsung menyeruak kesegala penjuru mulut. Rasa asam dari perasan lemon membuat rasa yang dihasilkan semakin segar. Tak hanya lidah saja yang dimanjakan, namun lambungpun merasakan demikian. Berkat prebiotik dalam tempe membuat kondisi lambung dalam keadaan prima.

Nah gimana tertarik ? langsung eksekusi saja dirumah. Jus tempe kurma minuman sehat, murah dan mengenyangkan pastinya. Selamat mencoba !

VIDEO PILIHAN