Mohon tunggu...
dian yuni pratiwi
dian yuni pratiwi Mohon Tunggu... Pengajar dan pembelajar

Penulis Novel Menanti Pagi, Kita Begitu Berharga dan Terima Kasih Masa Lalu Dosen Perikanan

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Berbagai Limbah yang Dapat Dimanfaatkan sebagai Pakan Ikan

9 November 2020   15:50 Diperbarui: 31 Januari 2021   22:41 202 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berbagai Limbah yang Dapat Dimanfaatkan sebagai Pakan Ikan
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah 

Pakan ikan merupakan salah satu faktor kunci untuk keberhasilan budidaya ikan. Sekitar 50-70% biaya produksi dalam kegiatan budidaya adalah untuk biaya pakan (Perius, 2011). 

Jika pakan yang digunakan berkualitas dengan harga yang relatif murah, maka kegiatan budidaya akan lebih efektif dan meningkatkan pendapatan untuk pembudidaya. Berikut berbagai limbah yang masih memiliki gizi yang baik dan harga terjangkau sehingga dapat dipakai sebagai alternatif bahan baku pakan ikan

1. Limbah ikan

Limbah ikan terdiri dari tulang, jeroan, daging ikan yang merupakan sisa-sisa dari pengolahan ikan. Pada berbagai tempat limbah-limbah ini dibiarkan membusuk dengan sendirinya tanpa diolah lebih lanjut. 

Padahal limbah ikan tersebut masih mengandung berbagai zat yang dibutuhkan untuk ikan. Oleh karena itu, limbah-limbah ikan ini masih bisa diolah untuk dijadikan pakan ikan. 

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa limbah ikan ini memberikan efek positif terhadap pertumbuhan ikan. Setiawati dan Nuryati, 2004 melakukan penelitian dengan menggunakan limbah jeroan ikan patin yang diolah untuk dijadikan sumber lemak pada pakan ikan mas (Cyprinus carpio) dan nila (Oreochromis niloticus). 

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pemberian pakan yang mengandung limbah jeroan patin sebagai sumber lemak dapat meningkatkan bobot ikan.

2. Limbah sayuran

Sisa makanan berbahan sayur dari restoran atau sisa-sisa sayur yang layu dan tak terjual juga dapat diolah menjadi bahan baku pakan ikan.  Pada penelitian yang dilakukan oleh Santoso dan Manan (2015) membuktikan bahwa limbah sayur masih mengandung protein (1,40%), lemak (0,11%), dan karbohidrat (4,16%).

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa limbah sayuran yang difermentasi dapat dipakai sebagai bahan baku pakan ikan dan memberikan efek positif terhadap pertumbuhan ikan Nia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN