Mohon tunggu...
dian wulan
dian wulan Mohon Tunggu... Lainnya - Mother of three

Halo :)

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Cerita saat Melahirkan Dzikra

21 November 2017   18:56 Diperbarui: 21 November 2017   19:03 12413
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Hamil dan melahirkan adalah magical moment buat semua perempuan. Perasaan campur aduk antara takut, excited, seneng, terharu dll. Waktu kecil, melahirkan adalah suatu hal yang paling dikepoin. Pastinya, karena penasaran rasanya kaya apa sih. Katanya sakit, sesakit apa? Apakah aku bisa menghadapinya? Whuuaa..beragam pertanyaan selalu menghampiri, bahkan dari ketika saya kecil. Wkwkwkw..

Dan Alhamdulillah, akhirnya Allah kasih saya kesempatan untuk merasakan that magical moment setelah menunggu selama 1 tahun. Sekarang anaknya sudah 21 bulan. Tapi baru sempat berbagi cerita tentang proses persalinan yang saya alami sekarang. Hehehe..

Waktu hamil Dzika, saya masih kerja. Aktif sebagai salah satu Credit Analyst di salah satu Bank plat merah di Indonesia. Waktu itu HPL (Hari Perkiraan Lahir ) adalah tgl 07 Januari 2016. Saya disarankan dokter untuk ambil cuti di awal2 bulan Desember. Biar rileks dan lebih tenang dalam menghadapi persalinan. Sebenernya sih saya udah males banget kerja, pengennya selonjoran aja. Hahaha.. Maka dari itu sesuai dengan yang disarankan dokter, saya mulai cuti tgl 10 Desember 2015, di usia kehamilan kurang lebih 36 minggu.

Saya sih berharap, bayi ini lahir sebelum HPL, biar ngerasain lebih lama sama anak sebelum masuk kerja lagi. Hari demi hari saya lewati dengan riang gembira karena ga perlu ngantor. Hahahha.. Keseharian saya diisi oleh eksperimen masak memasak, nonton TV, nonton Drakor, baca-baca majalah dan buku seputar kehamilan dan parenting, nunggu suami pulang. Begitu aja terus sampe akhirnya.. OMG, bosaaannn.. Hahaha..

Sempet desperate kok ga lahir2 sih? Udah masuk minggu kedua dari sejak cuti tapi belum ada tanda2 mules ato gimana gitu. Kontraksi palsu pun tiada. Disaranin dokter buru2 ikut senam hamil sama sering2 "ditengokin" aja sama bapaknya. Wkwkwkw.. Oia, ngomong2 soal senam hamil, saya cuma sempet ikut dua kali. Soalnya jarak dari rumah ke rumah sakit tempat senam hamilnya jauh kalipun. Waktu sebelum cuti ga sempet, karena kalo hari sabtu pengennya jalan2 makan enak. hehe

Tapi senam hamil yang Cuma 2 kali itu, sangat2 membantu saya. Bukan karena gerakannya yang katanya dapat membantu persalinan secara normal tapi kata2 bidan instruktur senamnya yang bener2 memotivasi saya. Nah, pas lagi mules mau lahiran itu saya sempet putus asa banget tapi berkat si ibu bidan instruktur senam hamil itu saya jadi semangaaatttt. Nanti diceritain kisah lengkapnya.

Balik lagi ke kisah melahirkan Dzikra. Jadi ceritanya waktu itu hari minggu malam tgl 27 Desember 2015, saya akhirnya merasakan mules. Kebetulan banget saat itu mamah saya udah datang dari Bandung buat stay di Bogor, nemenin saya menanti saat2 melahirkan. Mamah baru datang hari minggu siang bareng sama uwa (kakaknya mamah) dan seorang keponakan cantik, Kekey. Nah, malemnya kita jalan-jalan ke mana lagi selain Cibinong City Mall. Hihihi.. Sampe rumah kira2 jam 20.30 lewat. Ngobrol2 bla bla bla dan akhirnya semua pada masuk kamar.

Setelah masuk kamar, saya dan suami "beraktivitas" dulu. Hahahaha.. Sesuai anjuran dokter kan adek bayi harus sering2 "ditengok" bapaknya. Kata beliau, sperm bisa merangsang mules. Penjelasan ilmiahnya saya lupa, singkatnya begitulah. Kegiatan itu kira2 selesai jam 23.00. Setelah itu, suami langsung tidur. Dan saya masih liat2 handphone dulu karena belum ngantuk. Dan jreng jreng..kira2 pukul 24.00, saya mules pemirsaaaa.. Tapi waktu itu masih polos, "oh mules pengen poop". Lalu ke WC lah saya, beberapa saat nongkrong kok ga nongol2? Hahaha.. Tiba2 kepikiran, apakah ini mules tanda mau melahirkan????? Oke, tenang.

Saya balik lagi ke kamar. Nyoba untuk tidur. Tapiii mules lagiiiiii.. Whuahhhh.. Ke WC lagi. Masih berprasangka kalau ini mules pengen poop. Dan tetep aja poopnya ga keluar. Semakin resah tapi berusaha tetap tenang. Makin lama makin sering tuh mules datengnya. Kalau mules pengen poop kan daerah yang mules ya sekitar perut kan ya, ini mah yang mules malah bagian bawah perut. Semakin resahhhh saudara2.. Mana orang2 di rumah udah pada nyenyak semua.

Akhirnya saya coba abaikan dan berusaha untuk tidur (secara kan eike hari itu belum tidur sama sekali). Dannn jreng2..ga bisa tidur padahal udh ngantuk karena si mules datang lagi datang lagi. Tiba2 keingetan kata dokter kandungan saya, dr.Budi Susetyo, Sp.OG tentang ciri-ciri mau melahirkan :

  1. Terjadi kontraksi atau mules secara frekuentif 5-7 menit sekali.
  2. Kalo no.1 sudah terjadi tunggu sampai 2 jam apakah masih berulang atau tidak. Kalo masih berulang dengan waktu yg cepat itu tanda2nya.
  3. Adanya bercak darah segar di celana dalam.

Jadi, kalo no. 1 & 2 terjadi tapi no.3 tidak, ga usah ke rumah sakit. Nah, kalo 1,2,3 sdh terjadi kudu buruan capcus ke rumah sakit. Trus, saya mulai ambil HP buat ngitung frekuensi mules saya. Oemjiiiii..si mules datangnya ternyata 6 menit sekali. Waktu itu sempet takut, jangan2 beneran mau ngelahirin. Ya Allah saya belum latihan ngeden, ikut senam hamil baru 2x. Saya merasa blm siap. Tp ketidaksiapan saya seolah sirna dengan munculnya mules yg bertubi2 dan kengantukan tiada tara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun