Mohon tunggu...
Dian Taufik Febrianto
Dian Taufik Febrianto Mohon Tunggu... Wiraswasta - Ngluruk Tanpo Bolo, Menang Tanpo Ngasorake, Sekti Tanpo Aji-Aji, Sugih Tanpo Bondo (Sunan Kalijogo)

“Berjuang tanpa perlu membawa massa; menang tanpa merendahkan atau mempermalukan; berwibawa tanpa mengandalkan kekuatan; kaya tanpa didasari kebendaan” (Sunan Kalijogo)

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Ide Inovasi Metode Pembelajaran Efektif di Masa Pandemi pada STIAMAK Barunawati Surabaya

31 Juli 2021   16:26 Diperbarui: 31 Juli 2021   17:02 250 56 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ide Inovasi Metode Pembelajaran Efektif di Masa Pandemi pada STIAMAK Barunawati Surabaya
kampus-stiamak-barunawati-1-6105120515251041b84a69f2.jpg

STIAMAK Barunawati Surabaya merupakan salah satu perguruan tinggi yang ada di daerah Surabaya Utara tepatnya di Jl. Perak Bar. No.173 Kec. Pabean Cantian, Kota Surabaya, Jawa Timur. Yang membedakan kampus ini dengan kampus yang lain adalah Mata kuliah yang di tembuh banyak mengadopsi bisnis kepelabuhanan karena STIAMAK Barunawati Surabaya merupakan Yayasan pendidikan dari PT Pelabuhan Indonesia III (Persero). Beberapa mata kuliah yang berhubungan dengan kepelabuhan diantaranya Operasional Bisnis Pelabuhan, Pergudangan, Pengantar Transportasi Logistik , English For Port dan Lain nya. Mata kuliah kewirausahaan juga menjadi mata kuliah wajib.

doc : Foto STIAMAK Barunawati Surabaya

Menurut saya pribadi model ide pembelajaran di era 4.0 pada STIAMAK Barunawati Surabaya saat pandemi Covid sehingga menjadi magnet untuk menarik calon mahasiswa baru khususnya yang sedang bekerja, diantara nya sebagai beriku :

1. Project Based Learning

Metode Project based learning yang merupakan implikasi dari Edaran Mendikbud no.4 tahun 2020. Project based learning ini memiliki tujuan melatih mahasiswa menerapkan terori hasil pembelajaran dengan mengerjakan suatu project, eksperimen, atau inovasi bersama secara berkelompok hal tersebut efektif untuk melatih mahasiswa untuk berorganisasi. Setiap kelas diberikan projek yang relevan dengan mata kuliah terkait.

Sejalan dengan matakuliah kewirausahaan, pemasaran dan matakuliah berbasis kepelabuhanan. Mahasiswa dapat belajar dan praktik menjadi wirausaha misalkan memasakan produk ke luar negeri. Dalam project tersebut belajar cara melihat segmen pasar, cara mendapatkan costomer di luar negri, cara pengurusan dokumen kepelabuhanan untuk keperluan ekspor dan lain nya.

Tahapan nya adalah sebagai berikut:

  • Pelatihan dan pembekalan.
  • Pembentukan Team / Kelompok.
  • Pendampingan.
  • Bekerjasama dalam team mengerjakan suatu project bersama.
  • Pengawasan dan Review.

Metode pembelajaran yang satu ini tidak hanya melibatkan satu mata kuliah saja, namun juga mengaitkan metode pembelajaran lainnya. Dengan menerapkan metode ini, selain pelajar yang melakukan kerjasama dalam mengerjakan projek, dosen lain juga diberi kesempatan untuk mengadakan team teaching dengan dosen pada mata kuliah lainnya.

Pendapat saya alangkah baiknya jika STIAMAK Barunawati Surabaya membentuk badan usaha resmi seperti yang dilakukan Universitas lain seperti yang dimiliki ITS yaitu PT ITS Tekno Sains atau UNDIP memiliki PT UNDIP Mandiri Aneka Jasa Usaha. Hal tersebut selain jadi wadah mahasiswa dan dosen dalam penerapan hasil pembelajaran juga untuk mewujudkan yayasan yang mandiri, berdaya saing dan berprestasi.

Seperti misalnya STIAMAK Barunawati berhasil menjadi exporter daun pisang dengan Negara tujuan Jepang atau mengeksport hasil produksi bumbu masak umkm mahasiswa STIAMAK Barunawati dengan negara tujuan Negara Hongkong, Taiwan, Japang dan Saudi Arabia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN