Mohon tunggu...
Dian Setyawati
Dian Setyawati Mohon Tunggu... Wiraswasta - Karyawan Swasta

Artikel ini tentang perjalanan hidup saya

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Kesulitan adalah Jalan Menuju Kesuksesan yang Sebenarnya

8 April 2024   16:36 Diperbarui: 8 April 2024   16:45 37
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Di tengah pandemi COVID-19 yang melanda dunia, banyak orang mengalami PHK sebagai dampak dari perlambatan ekonomi global. Meskipun kondisi ini menantang, bagi beberapa orang, PHK dapat menjadi pemicu untuk memulai usaha baru dan mengubah arah karir mereka. Salah satunya yaitu saya sendiri, saya terkena PHK (Pemutus Hubungan Kerja) akibat penurunan aktivitas bisnis dan ekonomi yang melambat. Namun, situasi sulit ini juga dapat menjadi peluang untuk memulai usaha baru. 

Meskipun  saya awalnya merasa terpuruk dan khawatir akan masa depan,saya melihat kesempatan di tengah kesulitan.PHK membuat saya sadar bahwa ada banyak hal di luar sana yang bisa saya lakukan, Saya memutuskan untuk tidak menyerah dan memilih mengambil langkah proaktif untuk memulai usaha sendiri.

Saya memanfaatkan keahlian saya untuk membuka usaha kecil-kecilan yaitu "Pisang Aroma". salah satu cemilan yang menurut saya pembuatan nya mudah tetapi dengan cost yang tidak terlalu besar , dan profit yang dihasilkan cukup menguntungkan.

Meskipun memulai usaha di tengah pandemi bukan tanpa risiko, Saya menemukan beberapa strategi yang membantunya berhasil:


1. Riset Pasar : Sebelum memulai usaha, saya melakukan riset pasar untuk memahami minat dan kebutuhan konsumen di daerahnya. Hal ini membantunya menentukan menu dan harga yang menarik bagi pelanggan potensial.

2. Pemanfaatan Media Sosial : Saya memanfaat Media Online untuk lapak saya berjualan dengan Membuat Pre Order (PO) saya tidak perlu mengeluarkan cost yang terlalu besar , dan dengan Media Sosial "Pisang Aroma" bisa dikenal dengan luas.

3. Belajar dari Kegagalan :Pengusaha sukses tidak takut untuk gagal. Mereka melihat kegagalan sebagai pembelajaran dan kesempatan untuk menjadi lebih baik di masa depan.

4. Konsistensi : Konsistensi dalam menjalankan bisnis dan menerapkan strategi yang telah terbukti berhasil merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam berusaha.

Dalam setahun berjalan, usaha saya mengalami perkembangan yang positif meskipun masih dalam skala kecil. Dengan ketekunan dan kreativitasnya, saya berhasil membuktikan bahwa kegagalan bukanlah akhir dari segalanya, melainkan awal dari petualangan baru yang menarik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun