Mohon tunggu...
Dianna FitriaNovita
Dianna FitriaNovita Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Airlangga

Mendengarkan musik, menonton film, menulis, bersepeda

Selanjutnya

Tutup

Diary

Cerpen: 7 Mei Hari Spesial Kita

9 Mei 2024   13:07 Diperbarui: 9 Mei 2024   13:17 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

7 Mei, hari ulang tahun orang yang aku kagumi sejak bertahun-tahun yang lalu. Bertepatan dengan momen spesial dalam hidup orang yang aku kagumi, ada cerita pengalaman tak terlupakan di hidupku. Aku mengikuti kegiatan "Talkshow : Optimizing Your Career Path with Smart Financial Choices" yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga dengan berkolaborasi bersama Media Kontan X Bank Jago. Kegiatan ini diselenggarakan di Aula K.R.T. Fadjar Notonegoro Lantai 2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga. 

Acara yang berlangsung sejak pukul 10.30 hingga 12.00 WIB ini menghadirkan 3 pemateri yang luar biasa dan inspiratif. Ada Ibu Yova Sianturi (HR Content Creator), Ibu Ninnasi Muttaqiin (Financial Planner), Kak Muhammad Pandu (Value Proposition Manager Bank Jago). Pemateri membawakan beberapa materi menarik terkait skill apa saja yang harus dipersiapkan dan diasah untuk memasuki dunia kerja, bagaimana cara merencanakan keuangan dengan baik dan bijak agar bisa meraih tujuan keuangan yang ditetapkan serta berbagi pengalaman hidup ketika dulu saat kuliah hingga saat mulai memasuki dunia kerja. 

Tidak heran jika acara ini menarik banyak peserta. Para mahasiswa dari berbagai fakultas dan program studi yang antusias mengikuti kegiatan ini turut meramaikan sesi tanya jawab dan kuis. Kami selaku peserta berjuang menjadi penanya ataupun penjawab kuis yang dipilih agar bisa mendapatkan tips dan pengetahuan tambahan sekaligus hadiah berupa saldo yang diisi di rekening Bank Jago.

Sekarang, aku akan beralih pada cerita pengalaman tak terlupakan di hidupku pada hari itu. Pertama, aku janjian dengan kedua orang yang aku kenal untuk mengikuti kegiatan tersebut bersama. Orang pertama adalah kakak tingkat dari FISIP jurusan Ilmu Politik yang aku kenal sejak akhir Januari lalu. Orang kedua adalah teman seangkatan dari salah satu jurusan Manajemen Fakultas Vokasi yang aku kenal sejak akhir bulan lalu. Aku tiba di kampus B Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga sekitar pukul 08.30 WIB. Aku memutuskan registrasi dan masuk ke aula lebih dahulu sambil menyiapkan tempat untuk kedua orang yang akan menemaniku mengikuti acara tersebut. Sempat duduk santai sejenak sambil berkoordinasi dengan 2 orang yang aku nanti kedatangannya.

Sekitar 10 menit kemudian, satu temanku tiba di area FEB. Kita memang janjian untuk bertemu di depan area FEB. Tapi, terjadi sedikit kesalahpahaman definisi. Dia menunggu di seberang pos satpam pintu keluar dan masuk (tulisan kampus B Unair area rumput FEB) yang tidak jauh dari gedung sekolah pasca sarjana. Aku pun memutuskan menemuinya dan mengarahkan langsung menuju area acara yang hendak kita ikuti. Siapa sangka aku mendapatkan pengalaman tak terlupakan yang kedua disaat itu. Yaitu bertemu dan memberi tahu arah lokasi acara kepada tim pemateri. Aku juga mendapat sapaan dari salah satu pematerinya yang baik dan ramah lulusan ITB itu.

Aku bersama temanku menuju lokasi acara dan mengarahkannya untuk registrasi lalu masuk ke aula dan duduk. Tidak lama kemudian, kakak tingkat FISIP mengabariku dan sudah berada di area registrasi. Aku pun memutuskan menjemputnya dan mengarahkan langkah untuk registrasi online dan offline sambil memintanya meng-install aplikasi Bank Jago. Saat itu kami mengalami beberapa kejadian menggelitik mulai dari salah mengambil KTM padahal seharusnya KTP untuk verifikasi pembuatan akun rekening di bank Jago hingga sedikit bingung menyesuaikan posisi kamera hp saat melakukan verifikasi wajah.


Akhirnya,proses registasi berhasil dan kami masuk ke aula. Kami duduk di tempat yang sudah aku siapkan yaitu di bagian tengah dan depan (urutan nomor 2 dari depan). Aku duduk diantara 2 orang teman yang aku kenal. Aku berbincang gantian dengan mereka yang ada di sebelah kanan dan kiriku. Hari itu, moodku bagus sehingga aku banyak tersenyum dan tertawa lepas tanpa beban. Berkat 2 orang temanku yang hadir menemaniku mengikuti acara itu mungkin.

Pengalaman ketiga yaitu mendapatkan kesempatan mengajukan 3 pertanyaan untuk bu Yova dan kak Pandu.Itu adalah hal yang berarti bagiku, bisa mendapatkan jawaban dan wawasan baru tentang hal yang menjadi kegelisahanku. Padahal saat sesi tanya jawab banyak sekali yang mengangkat tangan. Aku cukup beruntung hingga diberikan kesempatan bertanya. Aura positif saat mengikuti acara itu membuatku benar-benar bersemangat hingga akhir acara.

Tak terduga, aku mendapatkan pengalaman keempat yaitu mendapatkan kesempatan menjawab pertanyaan dari MC saat sesi kuis sebelum acara berakhir. Aku diminta maju ke depan memperkenalkan diri sambil menjawab pertanyaan langsung di depan menghadap para peserta. Aku sangat bersyukur hari itu bisa melepaskan rasa takutku. Aku bisa mengendalikan diriku dengan baik mulai saat acara sebelum dimulai hingga selesai. Setelah acara selesai, para peserta yang bertanya maupun penjawab pertanyaan kuis diminta menghubungi panitia untuk konfirmasi terkait klaim hadiah.

Setelah melakukan konfirmasi aku dan temanku (anak Vokasi jurusan Manajemen Perkantoran Digital) mencari tempat duduk di luar area aula untuk berbincang sambil menyantap snack yang kami dapat saat mengikuti acara tadi. Tidak lama dari kita duduk dan mulai berbincang ada seseorang yang datang menghampiri kita. Ternyata dia kakak tingkatku. Dia ingin meminta waktu untuk berbincang sebentar. Dia juga menawarkan mau menungguku . Aku pun mencoba menanyakan ada apa. Aku cukup bingung dan kaget dengan kedatangan kakak tingkatku saat itu. Akhirnya dia menjelaskan tentang maksud dan tujuannya menemuiku.

Ternyata, menurut kakak tingkatku beberapa kali kita mengikuti acara yang sama. Kebetulan saat itu aku cukup sering mengajukan pertanyaan ke narasumber. Hingga akhirnya kakak tingkatku memberanikan diri datang menghampiriku. Dia memberikan tawaran untuk mengikuti kegiatan penelitian dosen. Sungguh hal tak terduga, aku mendapatkan tawaran yang menarik. Kemudian, aku memutuskan meminta nomor whatsapp kakak tingkatku agar bisa bertanya lebih lanjut terkait tawarannya. Sambil mempertimbangkan setelah dia menjelaskan detail kegiatan yang akan dilaksanakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun