Mohon tunggu...
Dian Purnama
Dian Purnama Mohon Tunggu... Freelancer - klaverstory.com

-Job fils your pocket, adventure fils your soul-

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Pesona Kulon Progo dalam Balutan Alam, Budaya, dan Eduwisata

24 Maret 2022   18:55 Diperbarui: 24 Maret 2022   18:58 463
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya tidak dapat menyembunyikan senyum lebar saya (tapi terhalang masker off course) ketika mendengar seluruh peserta akan diajak jelajah pantai dengan menggunakan jeep.  "Wow jeep off road," sorak saya tetapi tidak terdengar sih karena masker cukup rapat menutup mulut. Setidaknya ketika saya menengok ke arah mbak Latifah, saya melihat matanya juga berbinar. 

Yap, kami bertiga (saya, mbak Retno dan mbak Latifah) mewakili KJog (Kompasiana Jogja) berkesempatan untuk ikut kegiatan Famtrip (Familiariazation Trip) yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Kulon Progo pada hari Kamis, tanggal 17 Maret 2022 yang lalu. 

Jelajah Kawasan Pantai Glagah Kulon Progo

Jeep berukuran kecil warna-warni mulai berdatangan, satu demi satu memasuki halaman saat kami sedang asyik memperhatikan lincahnya jemari nelayan menjalin jala. Ada sekitar 7 jeep berjajar siap mambawa kami menjelajah kawasan pantai Glagah di pagi itu. Pagi itu kami di temani mas Bayu dan tim dari  @jeep_wisata_glagah_official (JEWIGA). 

Mulanya jalan masih beraspal, kami menuju ke Laguna Glagah. Satu dua nelayan tampak sedang sibuk mencari ikan dengan jala. "Di sini air payau, campuran air laut dan air tawar." Seorang nelayan menjawab pertanyaan salah satu dari kami apakah laguna ini air laut atau air tawar. Di dekatnya ada sebuah wadah bambu tempat menyimpan ikan hasil tangkapan. 

Bapak nelayan juga menawarkan kepada kami jika ingin mencoba melemparkan jala. Terlihat simple tapi ternyata ada trik sehingga jala terlempar dengan benar dan ikan bisa terjaring. Di ujung jala ada lingkaran-lingkaran besi yang berfungsi sebagai pemberat. Pada sisi jala yang hendak dilempar lingkaran besi ini menjadi patokan untuk membagi jala menjadi dua. Sementara sisi jala yang satunya diletakkan di lengan. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Byuk. Jala sudah terlempar beberapa ikan  nyangkut setelah jala ditarik. Melepaskan ikan dari jala pun juga ada tips, saya memperhatikan bapak nelayan saat memandu seorang teman yang melepaskan ikan hasil tangkapan tadi. 

Sayang saya sedang tidak ingin menjajal pengalaman menjadi nelayan hari itu. Pemandangan di Laguna ini mencuri perhatian saya. Sedari tadi saya hanya berdiri di bagian belakang jeep asyik memotret sambil sesekali mendengarkan percakapan bapak nelayan dengan peserta FamTrip.

Jejak Roda Jeep Fun Offroad, Cara Lain Menikmati Wisata Pantai Glagah 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun