Mohon tunggu...
Dhonny Weka
Dhonny Weka Mohon Tunggu... Mahasiswa - pelajar, mahasiswa

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pengaruh Pemimpin yang Ideal dalam Sebuah Organisasi

30 November 2021   12:12 Diperbarui: 30 November 2021   12:25 67 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Leader | sumber ilustrasi: Unsplash

Seorang pemimpin tentunya memiliki cara bekerja dan gaya kepemimpinan yang berbeda-beda dalam tiap organisasi atau perusahaan masing-masing, dan hal tersebut akan menjadi kajian yang cukup menarik untuk di pelajari.

Kepemimpinan sendiri merupakan salah satu faktor yang mempunyai peranan yang cukup penting dalam sebuah perusahaan. Dimana berhasil atau tidaknnya sebuah perusahaan atau organisasi tentunya di tenttukan oleh pemimpin perusahaan tersebut, dan sumber daya dalam organisasi itu sendiri.

Adapun fungsi paling utama seorang pemimpin adalah membuat anggota yang ia pimpin untuk bekerja secara efisien dan lebih efektif. Dimana peran pemimpin disini ialah untuk mempengaruhi orang lain agar dapat mencapai tujuan perusahaan.

Berhasil atau tidaknya kegiatan di dalam perusahaan Sebagian besar ditanggung oleh kualitas dari pemimpin perusahaan tersebut. Karena pemimpin marupakan sosok yang harus dimiliki setiap perusahaan dan tentunya efektivitas dari peimpin tergantung dari kepiawaiannya dalam mempengaruhi bawahnnya serta bagaimana sosok pemimpin tersebut mengarahkan anggotanya.

Dimasa sekarang ditengah pandemi tentunya diperlukan seorang pemimpin yang bisa menyesuaikan keadaan serta perubahan yang ada. Hal tersebut merupakan tantangan terbesar bagi sosok pemimpin dalam menjalankan perannya dan beradaptasi dengan kondisi seperti sekarang ini.

Seorang pemimpin memiliki peranan yang penting dalam menghubungkan sumber daya yang ada dalam perusahaannya termasuk dalam hubungan antara manusia sebagai penggerak sumber daya yang ada. 

Peranan pemimpin tersebut juga terkait dalam gaya kepemimpinan, dimana pemimpin sebuah organisasi atau perusahaan diharapkan mampu serta memiliki gaya kepemipinan yang efektif dan dapat beradaptasi terhadap situasi yang ada.

Disisi lain kepemimpinan merupakan hal yang berbeda dengan manajemen, dimana kepemimpinan sendiri memiliki tujuan membangun visi yang menjadi tujuan suatu organisasi sedangkan manajemen memiliki peran mengimplementasikan visi tersebut. Dimana manajer dan bawahannya akan bertindak serta mengupayakan berbagai hal untuk mencapai tujuan dari organisasi tersebut.

Kesan dari seorang pemimpin merupakan hal yang cukup diperhatikan dari waktu ke waktu. Dimana seorang pemimpin memainkan peran sebagai seseorang yang memberikan arahan terhadap kegiatan dari bawahannya untuk mencapai tujuan organisasi, dan karena hal itu makan sikap seorang pemimpin juga sangat diperhatikan oleh bawahannya alam memimpin.

Pemimpin harus mampu menyatukan anggota untuk mencapai tujuan serta meluruskan pertanyaan yang perlu di jawab. Salah satu sikapa pemimpin terbaik ialah sikap tenang yang diperhitungkan atau kemampuan untuk melepaskan diri dari situasi dari situasi cemas dan berfikir jernih tentang mengendalikan situasi tertentu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan