Mohon tunggu...
Dhira Auria Dwi Riyani
Dhira Auria Dwi Riyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

jadilah diri sendiri, cintai dan hargai diri sendiri sebelum kamu mencintai dan menghargai oranglain

Selanjutnya

Tutup

Money

Pentingnya Kesadaran Membayar PBB Dimulai dari Diri Sendiri

28 Juni 2022   12:29 Diperbarui: 28 Juni 2022   12:48 141 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Pada masa ini, banyak orang awam yang belum mengerti tentang pajak. Padahal pajak merupakan bagian penting dalam hidup, pajak ada untuk memberikan fasilitas umum untuk kita sendiri, walau manfaat atau  imbalan nya  tidak kita rasakan secara langsung tapi diperlukan untuk keperluan  negara bagi kemakmuran rakyat. Contohnya dengan membayar pajak kita dapat sedikit berkontribusi dalam pembangunan jalan tol, perbaikan jalanan dan  masih banyak lagi.

Sayangnya, masih banyak orang yang enggan membayar pajak. Contoh pajak kendaraan dan pajak bumi bangunan, banyak masyarakat yang masih menunggak atau bahkan sama sekali belum membayar jenis pajak ini karena alasan keuangan, tidak mengerti cara membayarnya dan ke mana harus membayarnya. 

Dalam  kasus ini juga, masyarakat kita sangat sedikit atau bahkan tidak penah mendapatkan sosialisasi mengenai pajak, di beberapa kasus juga kebanyakan dari mereka meremehkan membayar pajak kendaraan. 

Contohnya kendaraan motor, banyak dari pengguna motor enggan mem bayar pajak dengan alasan "ah, saya kan tidak pergi jauh jadi tidak akan ditilang polisi karna pajak kendaraan saya mati", padahal dengan membayar pajak kendaraan kita dapat membantu menambah pendapatan daerah dan juga berguna untuk pembangunan atau pemeliharaan jalan serta sarana transportasi umum.

Dan untuk pajak PBB atau pajak bumi dan bangunan, masih banyak masyarakat yang belum paham atau belum tahu bahwa kita harus membayar pajak atas bangunan dan juga tanah yang kita tinggali. 

Manfaat  PBB sendiri sebagai salah satu pendapatan negara, dimana biasanya digunakan untuk biaya pembangunan, biaya pengembangan alat transportasi, biaya pemilihan umum atau pemilu, dan  masih banyak lagi.

Rendahnya pemahaman masyarakat akan pentingnya membayar pajak juga harus menjadi perhatian pemerintah daerah dengan cara memberikan sosialisasi secara menyeluruh kepada masyarakat. 

Dan diharapkan ketua RT/RW setempat dapat mengingatkan dan memberikan bimbingan kepada warganya yang belum membayar pajak atau belum mengerti akan pentingnya membayar pajak.

Jika sosialisasi sudah terlaksana dengan baik, diharapkan para warga dan masyarakat dapat secara sadar membayar pajak. Jika sudah terpenuhinya pajak daerah salah satunya PBB dan Pajak kendaraan maka dapat semakin baik juga pembangunan di desa atau daerah tersebut.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan