Mohon tunggu...
Dhia Alif Tajriyaani Azhar
Dhia Alif Tajriyaani Azhar Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasasiswa Sains Data

Machine Learning Enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Matematika Ilmu yang Digunakan di Segala Bidang?

22 Juni 2022   20:59 Diperbarui: 22 Juni 2022   21:48 23 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Matematika merupakan ilmu dengan cakupan yang sangat luas. Selama ini matematika selalu dicap sebagai ilmu yang mempelajari tentang hitung-menghitung, padahal dalam kenyataanya matematika tidaklah demikian. Jika dilihat dari sudut pandang yang lebih luas, matematika dapat diaplikasikan dalam berbagai macam bidang, salah satunya yaitu adalah logika matematika.

Logika matematika merupakan hal yang sangat penting bagi seluruh manusia yang ada di dunia ini. Dengan menggunakan logika matematika kita dapat menarik kesimpulan yang tepat dari berbagai macam pernyataan atau premis yang ada. Kepolisian, hakim, jaksa, dan pengadilan  merupakan contoh kecil profesi  yang membutuhkan logika matematika dalam melakukan praktik kerja. 

Dengan menganalisis kasus-kasus yang ada, kemudian memprosesnya dengan logika matematika, polisi, hakim, dan jaksa dapat menentukan kesimpulan atau hasil akhir terbaik yang dapat diperoleh, sehingga mampu menentukan langkah selanjutnya yang harus dilakukan.

Pada dasarnya, logika matematika membahas bagaimana nilai kebenaran dari suatu pernyataan, negasi atau ingkaran, kesetaraan, hingga penarikan kesimpulan yang sah dari beberapa pernyataan atau keadaan. 

Biasanya dalam menggunakan logika matematika, penyimbolan pernyataan digunakan untuk mempermudah dalam pembacaan. Pernyataan-pernyataan dalam logika matematika antara lain yaitu negasi (suatu pernyataan yang isinya mengingkari suatu nilai pernyatan ), konjungsi (pernyataan majemuk yang dihubungkan dengan kata hubung dan), disjungsi (pernyataan majemuk yang dihubungkan dengan kata hubung atau), implikasi (pernyataan maejemuk yang diawali dengan kata jika dengan kata hubung maka), dan Biimplikasi( bentuk kompleks dari implikasi).

Secara tidak langsung, mempelajari logika akan membentuk pikiran yang sistematis, rasioanl , dan teratur. Dengan melatih logika sedini mungkin akan membuat pikiran untuk terbiasa berpikir logis dalam memecahkan berbagai macam masalah. 

Logika matematika merupakan bagian dari matematika, pada umumnya logika matematika mengharuskan kita menarik kesimpulan yang benar dan masuk akal dari beberapa pernyataan yang berbeda. 

Kesimpulan tersebut tentunya didasarkan pada penggunaan aturan atau aturan yang tidak berubah sehingga membuatnya sistematis atau terstruktur. 

Pada umumnya dengan logika matematika, seseorang akan lebih tepat dalam mengambil keputusan, memaksa untuk berpikir kritis sehingga menghasilkan penilaian yang benar sehingga seseorang akan terhindar dari banyak kesalahan.

Berikut adalah contoh penerapan logika matematika dalam kehidupan sehari-hari:

1. Pengambilan simpulan dari suatu bacaan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan