Mohon tunggu...
Dhevi Anggarakasih
Dhevi Anggarakasih Mohon Tunggu... Wiraswasta - Dhevi Anggarakasih

Just want to be the best version of me

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Tobat Malas Menulis Setelah Ikut Workshop Penulisan ClicKompasiana

11 Agustus 2019   22:46 Diperbarui: 11 Agustus 2019   22:53 33
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel


Saya tidak ingat, kapan tepatnya saya mulai suka menulis dan mengapa.
Yang saya ingat, saya mulai iseng mengirimkan berbagai tulisan saya ke tabloid dan majalah anak sejak kelas 3 SD. Dan puisi saya dimuat untuk pertama kalinya saat saya kelas 6 SD.

Saya senang sekali waktu itu, sampai lupa pada wesel honor menulis yang entah mendarat di mana.

Bisa ditebak, saya kemudian makin giat menulis dan mengirimkannya ke berbagai majalah dan tabloid. Kebanyakan memang dikembalikan dengan coretan di sana sini dan berakhir sebagai alas obat nyamuk atau alas kaleng minyak jelantah di dapur . Tapi saya sempat juga lho mengecap nikmatnya membayar uang SPP dan beli sepatu olah raga dari honor yang saya terima.


Dengan meningkatnya aktivitas, kebutuhan dan kadar kematrean saya selepas SMA, saya tidak lagi serajin dulu. Saya memang tetap menulis, kebanyakan sih yang saya tulis adalah puisi. Mungkin karena seringnya dibikin jatuh cinta dan patah hati yang jumlahnya lebih banyak dari jumlah propinsi yang ada di Indonesia, saya jadi overproduktif dan over reaktif - halah -mencurahkan helow mellow saya dalam puisi. Walaupun ga sampe gelow.. Jadi gitu deh, ga ada yang saya kirim ke mana-mana. Malu.

Terus, ceritanya beberapa hari yang lalu saya dapet kesempatan ikutan workshop penulisan untuk blogger dan vlogger yang digelar oleh CLICK Kompasiana dan PPI - Persatuan Penulis Indonesia di Graha Wisata Taman Mini Indonesia Indah yang bikin semangat saya untuk nulis bangkit lagi.

Pemateri pertama, ibu Fany Poyk, seorang penulis sastra terkenal - mengatakan bahwa kita bisa memperoleh banyak inspirasi untuk menulis dari berbagai peristiwa yang kita alami sehari-hari. Dari jalanan yang biasa kita lewati, dari moda transportasi yang kita gunakan, orang-orang yang kita temui bahkan dari berbagai buku yang kita baca.
Kita tinggal memolesnya dengan berbagai pengetahuan yang kita miliki, berdasarkan pengalaman dan riset yang kita lakukan.

Bahkan jika datanya masih dirasa kurang, kita bisa bertanya pada mbah Google bukan?

Hal lain yang penting dilakukan sebagai penulis adalah banyak membaca untuk memperkaya kosa kata. Ya seperti saya ini, agar bisa menulis yang iya iya dan yang tidak tidak, sama seriusnya. Dan melakukan observasi terhadap tingkah laku berbagai individu untuk menciptakan karakter dan memberikan jiwa yang tepat pada para tokoh utama dalam cerita kita. Jangan sudah nulis panjang-panjang, terus kita lupa sedang menceritakan siapa sebenarnya. Capek deh...

Tapi tips terpenting yang diberikan oleh ibu Fany, menurut saya adalah mulailah menulis dengan tema yang kita suka. Bener juga, karena kalau kita ga suka temanya bisa-bisa yang kita tulis adalah hoaks. Berita ngibul yang bikin otak dan hati jadi tumpul.

Senada dengan ibu Fany Poyk, pemateri ketiga bapak Isson Khairul, penulis dengan spesialisasi bidang ekonomi juga menyarankan hal yang sama.
Menulis dengan tema yang kita sukai mendorong kita menggali lebih dalam lagi. 

Proses menggali yang bisa dilakukan dengan membaca tulisan-tulisan terkait, melakukan wawancara dengan para pelaku usaha maupun pemangku kebijakan yang bukan tidak mungkin bisa menjadi inspirasi dalam membuat tulisan lain dengan sudut pandang dan tema yang berbeda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun