Mohon tunggu...
Dhea Aulia Agustin Sugiarto
Dhea Aulia Agustin Sugiarto Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pendidikan Indonesia

Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19

26 Juli 2021   19:40 Diperbarui: 26 Juli 2021   19:55 77 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Anjuran pembelajaran secara daring telah berjalan dari bulan maret 2020 sampai sekarang. Tentunya dalam pelaksanaan pembelajaran daring ini para siswa belum terbiasa dengan perubahan suasana belajar dan kegiatan di dalamnya. Tetapi pembelajaran harus tetap berjalan dengan mengikuti apa yang sudah dipandu oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan. Hal yang paling diutamakan adalah kreatifitas dari para pihak terkait sebagai upaya menyukseskan kegiatan pembelajaran dengan memperhatikan segala aspek, salah satunya adalah media pembelajaran.

Media pembelajaran merupakan aspek terpenting dalam pelaksanaan pembelajaran. Karena jika hanya sekedar memberikan materi dengan cara metode ceramah tentunya para siswa akan merasa bosan dengan apa yang disampaikan oleh para guru. Apalagi di situasi sekarang, dimana pembelajaran masih dilakukan secara daring yang mengakibatkan para siswa lebih cepat bosan dan tidak bisa fokus untuk memperhatikan para gurunya.

Lalu bagaimana para guru mengatasi siswa yang seperti itu? Memanfaatkan teknologi dan media pembelajaran merupakan hal yang tepat untuk mengatasinya. Untuk pembelajaran digital banyak sekali aplikasi yang dapat membantu kita membuat media pembelajaran. Banyak sekali aplikasi lain yang bisa  digunakan untuk membantu kegiatan pembelajaran seperti Youtube, Google Classroom, Google Form, Kahoot dan Quizez. Pemanfaatan media pembelajaran sangat membantu dalam pemahaman siswa terhadap konten pembelajaran, dan menumbuhkan sikap yang baik, serta keterampilan dalam penguasaan materi atau informasi yang diberikan.

Hal tersebut yang menjadikan salah satu peserta KKN Tematik UPI 2021, ialah  Dhea Aulia Agustin Sugiarto atau akrab disapa Dhea mempunyai ide untuk memanfaatkan media pembelajaran dalam menyampaikan informasi belajar kepada para siswa di SDIT At Taqwa Bandung. Dhea dan kawan-kawan memanfaatkan konsep pembelajaran dengan metode mengajar yang kreatif dengan memanfaatkan salah satu aplikasi yang cukup baik yaitu kahoot. Hal tersebut dibuktikan dengan keantusiasan para siswa dalam merespon pembelajaran dengan aplikasi ini.

Oleh karena itu, para guru tidak perlu khawatir dalam membuat suasana kelas lebih menyenangkan. Karena, dengan media pembelajaran yang kreatif dapat membantu anak untuk lebih antusias lagi dalam mengikuti dan memperhatikan apa yang disampaikan oleh gurunya. Jadi para guru tidak akan kehabisan cara untuk membuat konten belajar yang menarik.

Terimaksih semoga bermanfaat

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN