Mohon tunggu...
Dhany WH
Dhany WH Mohon Tunggu... Peminat Komunikasi Sosial; Pegiat Pemilu; Tinggal di Bekasi.

merangkai kata mencerna makna

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

KPU Bekasi Koordinasi PDPB dengan TNI/Polri

4 Maret 2021   10:50 Diperbarui: 15 Maret 2021   12:27 57 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KPU Bekasi Koordinasi PDPB dengan TNI/Polri
KPU Kabupaten Bekasi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi melakukan pertemuan dengan Dandim 0509 Kabuopaten Bekasi, Letkol Kav Tofan Tri Anggoro pada Rabu (3/3/2021) di Makodim, Sukamahi, Cikarang Pusat.

Pertemuan bertujuan untuk melakukan koordinasi dan menjalin sinergi dalam rangka pemutakhiran data pemilih berkelanjutan (PDPB) tahun 2021. Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin mengatakan pihaknya terus melakukan silaturahim dan koordinasi dengan berbagai stakeholder sebagai tindaklanjut surat KPU RI Nomor 132/PL.02-SD/01/KPU/II/2021 perihal Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021.

"Pemutakhiran data pemilih berkelanjutan bertujuan untuk memperbaharui data pemilih seperti menambahkan pemilih baru yang belum terdaftar di daftar pemilih, pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat, dan perubahan elemen data pemilih Kabupaten/Kota secara berkelanjutan, " jelasnya.

Dandim 0509 Kabupaten Bekasi, Letkol Kav Tofan Tri Anggoro menyambut baik upaya yang dilakukan oleh KPU dalam melakukan pemutakhiran data pemilih. Letkol Tofan menyampaikan pentingnya akurasi data pemilih untuk mewujudkan penyelenggaraan pemilu yang lebih transparan.

"KPU Kabupaten Bekasi harus memiliki data center berbasis IT yang mampu menampilkan data secara realtime dan valid sehingga mudah diakses oleh publik, " harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim memaparkan tentang layanan data center berbasis digital yang dimilikinya, memuat berbagai macam potensi yang ada di Kabupaten Bekasi. Sebagai contoh, melalui aplikasi tersebut secara mudah dapat mengetahui peta lokasi bencana dan kontak tracing untuk penanganan covid-19.

dok.KPU Kabupaten Bekasi
dok.KPU Kabupaten Bekasi
Selanjutnya KPU Kabupaten Bekasi melakukan pertemuan dengan Kabag Ops Polres Metro Bekasi, AKBP Yuli Heryuo di Mapolres Metro Bekasi.

Kunjungan dilakukan untuk meningkatkan kerjasama antara KPU dengan Polres Metro Bekasi terkait pemutakhiran data pemilih, khususnya bagi anggota polri yang akan memasuki masa purna tugas.

Kabag Ops AKBP Yuli Heryudo merupakan sosok yang tidak asing bagi KPU Kabupaten Bekasi, karena sebelumnya pernah menjabat sebagai Kasat Intelkam Polres Metro Bekasi pada saat pelaksanaan Pemilu 2019.

"Kami mendukung sepenuhnya langkah KPU dalam melakukan pemutakhiran data pemilih, sehingga ke depan daftar pemilih akan lebih valid dan akurat demi terselenggaranya pemilu yang jujur dan adil, "ucapnya.

Dalam pertemuan dengan Dandim dan Kabag Ops, tampak hadir Ketua Divisi Data dan Informasi Ahmad Fauzie Usman, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Abdul Harits serta Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan Wahab Habieby.**

VIDEO PILIHAN