Mohon tunggu...
Dhanang Pradipta
Dhanang Pradipta Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Sejarah

Mahasiswa Ilmu Sejarah, Hobi Makan terlebih lagi Mie Ayam. Menekuni digital content, tapi masih coba coba ajasih. ehe.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Pengobatan Tradisional sebagai bentuk Warisan Budaya Indonesia

3 Juni 2020   19:43 Diperbarui: 4 Juni 2020   14:46 79 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengobatan Tradisional sebagai bentuk Warisan Budaya Indonesia
Pengobatan Tradisional Jamu, FOTO: www.keypoo.com

Sakit merupakan suatu kondisi yang pernah dirasakan oleh hampir seluruh masyarakat di dunia. Hal ini membuat masyarakat mencari pengobatan untuk penyembuhan penyakitnya.

Ada berbagai macam pengobatan yang digunakan oleh masyarakat di antaranya pengobatan medis dan nonmedis.

Pengobatan medis adalah pengobatan dengan disiplin kedokteran menggunakan teknik medis dan obat medis.

Sedangkan pengobatan non medis atau pengobatan alternatif adalah pengobatan selain medis, baik itu pengobatan tradisional maupun pengobatan temuan baru.

Pengobatan tradisional adalah salah satu jenis dari pengobatan alternatif yang merupakan pengobatan dan/atau perawatan dengan cara dan obat.

Metodei ini mengacu pada pengalaman dan keterampilan turun-temurun secara empiris yang dapat dipertanggungjawabkan serta diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat. 

Tidak hanya di Indonesia, pengobatan tradisional di negara-negara juga terdapat di Eropa dan dibagi menjadi 2 kategori besar yaitu: shamanisme dan herbalisme.

Shamanisme adalah jenis pengobatan untuk menyembuhkan penyakit spiritual, sebaliknya herbalisme menyembuhkan penyakit ringan seperti luka & infeksi dengan memanfaatkan tumbuhan obat.

Badan kesehatan dunia yang memanfaatkan pengetahuan masyarakat lokal dalam penelusuran potensi jenis pengobatan terbaru adalah National Cancer Institute (NCI), dan telah meresmikan usaha tersebut pada tahun 1955. 

Badan kesehatan dunia juga mendefinisikan pengobatan tradisional sebagai upaya kesehatan untuk meningkatkan kesehatan (promotif), pencegahan (preventif), penyembuhan (kuratif), dan pemulihan dengan pendekatan ilmu juga kepercayaan yang diselenggarakan dengan cara tradisional. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x