Mohon tunggu...
Dewi Sri Tunjungsari
Dewi Sri Tunjungsari Mohon Tunggu... Guru dan Penulis

Kompasiana bidang pendidikan, teknologi, dunia kreatif, dan ilmu pengobatan islam. Writer, Columnist, Buzzer, Founder mengintipnusantara and graduatedshop

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Ini Loh Profil Bapak Bimo Sasongko Calon Ketua Umum IA ITB!

4 Februari 2021   20:56 Diperbarui: 4 Februari 2021   21:10 1542 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ini Loh Profil Bapak Bimo Sasongko Calon Ketua Umum IA ITB!
bimosasongko.com

Mengenal IA ITB

Institut Teknologi Bandung (ITB) berusia 100 tahun. Sejak berdiri pada 3 Juli 1920 dengan nama Technische Hoogeschool te Bandoeng disingkat TH te Bandoeng, TH Bandung, atau THS telah memiliki alumni yang kental dengan semangat perjuangan dan gotong royong.

IA ITB adalah salah satu lembaga memiliki peran strategis untuk menyadarkan bahwa Indonesia adalah negara besar dengan potensi luar biasa, namun belum didayagunakan seoptimal mungkin.

Intelektual Indonesia kerja bersama disemangati oleh nilai tradisi keIndonesiaan yang telah membumi berabad-abad. Esensi kerja bersama adalah "holopis kuntul baris" yang identik dengan prilaku gotong royong ajaran leluhur bangsa. Lalu diformulasikan secara ideologis oleh seorang alumnus ITB yakni Presiden RI pertama Soekarno dan dilanjutkan oleh Presiden ke-3 Bapak BJ. Habibie.

Makna terdalam yang terkandung lembaga pendidikan tinggi seperti ITB adalah menyiapkan sebanyak mungkin SDM Iptek yang unggul. Baik SDM yang menggeluti hi-tech atau teknologi canggih maupun teknologi tepat guna yang sangat dibutuhkan oleh usaha rakyat.

Profil Bapak Bimo Sasongko BSAE, MSEIE, MBA Sebagai Calon Ketua Umum IA-ITB

Bimo Sasongko BSAE, MSEIE, MBA yang biasa dipanggil Bimo adalah Alumnus Teknik Informatika ITB' 90, Memperoleh gelar Master of Business Administration di bidang International Marketing & Management di Fachhochschule Pforzheim, Jerman tahun 2003, gelar Master of Science in Industrial & Management Systems Engineering di Arizona State University, USA  tahun 1996, dan gelar Bachelor of Science in Aerospace Engineering di North Carolina State University, USA tahun 1995.  

Ia juga seorang intelektual muda Indonesia dalam bidang pendidikan Internasional & SDM Global yang memiliki segudang Prestasi. Bimo memiliki gagasan untuk Indonesia maju melalui pendidikan berkualitas dan membuat sebuah gerakan untuk mengirimkan putra dan putri terbaik bangsa Indonesia untuk bisa kuliah di luar negeri, khusunya diberbagai maju dunia. Ia merupakan Pendiri Euro Management Indonesia dan Pemerhati Dunia Pendidikan Internasional & SDM Global . Selain itu ia juga merupakan Ketua Umum IABIE – Ikatan Alumni Program Habibie  dan Wasekjen ICMI – Ikatan Cendikiawan Muslim Se-Indonesia dan penggagas Gerakan Indonesia 2020

Menurut penuturannya, per 22 Januari untuk maju sebagai bakal calon Ketua Umum IA - ITB periode 2021 - 2025, dimana ada beberapa kandidat Ketua Umum yang sudah diverifikasi termasuk beliau. Tahapan selanjutnya para kandidat membutuhkan endorsement dan dukungan tertulis sebanyak 100 alumni ITB.  Adapun gagasan beliau ketika menjadi ketua adalah membangkitkan kekuatan alumni ITB di regional bahkan dunia.

Buku-bukunya antara lain : Gagasan Bimo Sasongko 2030 dan Mengabdi Sampai Akhir. Dalam bukunya tersebut diceritakan bagaimana gagasan Bimo Sasongko dan pandangannya terhadap perjuangan anak-anak intelektual B.J Habibie. Wah, kandidat yang cucok ya sebagai Ketua Umum  IA ITB periode 2021 - 2025

VIDEO PILIHAN