Mohon tunggu...
Dewi Nuryanti
Dewi Nuryanti Mohon Tunggu... Freelancer - Emak blogger

Emak blogger yang hobi traveling, makan dan belanja

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Ingin Meningkatkan Imunitas Tubuh? Konsumsi Rutin Buah Ini

17 Juli 2021   01:57 Diperbarui: 17 Juli 2021   02:05 169 5 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ingin Meningkatkan Imunitas Tubuh? Konsumsi Rutin Buah Ini
Doc. Pixabay

Di masa pandemi ini, selain menerapkan disiplin protokol kesehatan, meningkatkan imunitas tubuh merupakan salah satu upaya penting yang harus dilakukan agar mampu melawan virus yang datang. Imunitas yang rendah, rentan sekali terpapar dan terinfeksi virus. Karena itu berbagai cara dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh, salah satunya dengan memerhatikan pola makan dan memilih makanan yang akan dikonsumsi sehari-hari.


Makanan yang akan kita konsumsi, sebaiknya harus dipilah pilih terlebih dulu agar tubuh terpenuhi nutrisinya dengan lengkap dan seimbang. Dan langkah ini lah yang saya lakukan sebagai ikhtiar untuk tetap menjaga kesehatan diri dan keluarga di masa pandemi seperti ini. Makan makanan dengan nutrisi seimbang. Selain itu, menjaga saluran pencernaan agar tetap sehat merupakan langkah penting yang harus dilakukan. Sebab pencernaan yang buruk, dapat menyebabkan virus mudah masuk ke dalam tubuh.


Rutin Konsumsi Pisang Setiap Hari Agar Imunitas Tubuh Meningkat



Pisang, buah pilihan tepercaya (dokpri)
Pisang, buah pilihan tepercaya (dokpri)


Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga kesehatan sistem pencernaan adalah dengan rutin mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satu makanan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh adalah pisang.


Pisang merupakan salah satu makanan yang rutin saya konsumsi setiap hari dan menjadi buah favorit keluarga saya karena memiliki rasa yang enak dan bergizi. Pisang adalah buah lokal yang relatif murah, mudah ditemui dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena kandungan nutrisinya. Saya dan keluarga rutin mengonsumsi pisang setelah mengetahui manfaat dari buah tersebut. Pisang memiliki nutrisi yang diperlukan tubuh selain makanan bergizi lainnya.


Buah pisang mengandung nutrisi antara lain karbohidrat, protein,lemak, serat, gula, magnesium, mangan, kalium, kalsium, fosfor, potasium serta beberapa jenis vitamin, seperti vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari pisang berukuran sedang 118 gram, secara umum terdiri dari 9% potassium, 33% vitamin B6, 11% vitamin C, 8% magnesium, 10% tembaga, 14% mangan, 24 gram karbohidrat, 3.1 gram serat, 1.3 gram protein, 0,4 gram lemak serta 105 kcals. 


Nutrisi yang terkandung dalam pisang menjadikan buah ini memiliki cukup banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Pisang jenis apapun baik dikonsumsi secara rutin karena mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh terutama pada masa pandemi seperti sekarang ini. Buah pisang juga mengandung serat yang diperlukan untuk kesehatan sistem pencernaan.


Seperti yang dilansir oleh Direktorat P2PTM Kemenkes RI, salah satu manfaat pisang adalah untuk meningkatkan daya tahan (imunitas) tubuh. Kandungan Vitamin A, C, dan B6 yang terdapat pada buah pisang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh atau imunitas tubuh dalam melawan infeksi. Pisang juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. 


Konsumsi pisang rutin setiap hari untuk meningkatkan imunitas tubuh (dokpri)
Konsumsi pisang rutin setiap hari untuk meningkatkan imunitas tubuh (dokpri)


Kandungan vitamin C dan antioksidan pada buah pisang memiliki manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh supaya tidak mudah terpapar penyakit. Antioksidan yang terkandung pada buah ini juga berperan penting untuk menangkal zat yang dapat merusak sel-sel tubuh dan melemahkan imunitas. 


Maka tak mengherankan jika para ahli gizi dan kesehatan menganjurkan untuk rutin makan pisang setiap hari sebagai buah pilihan tepercaya. Pisang adalah buah pilihan tepercaya yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh terutama untuk meningkatkan imunitas tubuh biar tidak mudah sakit. Karena itu sebagai buah pilihan tepercaya, pisang yang kita konsumsi haruslah yang memiliki kualitas terbaik dan aman dikonsumsi. 


Pastikan pisang yang akan dikonsumsi bebas dari bahan kimia berbahaya. Sebaiknya pilihlah pisang yang telah memiliki sertifikat G.A.P (Good Agricultural Practices). Sertifikat G.A.P menjamin semua proses produksi yang ada sesuai standart agricultur dunia. Buah pisang dengan sertifikat G.A.P mempunyai standar cheklist yang ketat berdasarkan praktik agriculture yang baik karena harus memenuhi 4 kriteria,yaitu: food safety, hygiene, traceability (pelacakan) dan workers safety and welfare. 


Bagi saya pribadi, mengonsumsi pisang dengan kualitas terbaik dan bebas dari bahan kimia berbahaya membuat hati menjadi lebih tenang. Apalagi pisang merupakan salah satu buah wajib yang selalu ada di rumah saya. Karena itu saya selalu memastikan bahwa pisang yang saya beli adalah pisang dengan kualitas terbaik dan bebas dari bahan berbahaya. Keluarga sehat, hati bahagia, imunitas pun selalu terjaga. Semoga sehat semua, Aamiin


Pisang buah favorit keluarga saya (dokpri)
Pisang buah favorit keluarga saya (dokpri)


Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x