Mohon tunggu...
Dewi Nurbaiti (DNU)
Dewi Nurbaiti (DNU) Mohon Tunggu... Lecturer at Kalbis Institute

an Introvert who speak by write

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Skyworld Indonesia Selenggarakan Galaxy Forum 2017

21 Februari 2017   10:29 Diperbarui: 21 Februari 2017   11:32 0 0 0 Mohon Tunggu...

Sabtu (18/2), bertempat di SKYWORLD Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, PT Rekreasindo Global Utama selaku pengembang dan pengelola Taman Among Putro SKYWORLD bekerjasama dengan International Lunar Observatory Association (ILOA) yang berkedudukan di Hawaii, Amerika menggelar acara bertaraf internasional yang bertajuk Galaxy Forum 2017.

Acara yang telah menjadi agenda rutin tahunan ILOA yang digelar secara estafet di beberapa negara di dunia, kali ini kembali digelar di wahana rekreasi dan edukasi SKYWORLD TMII, setelah pada 2016 lalu sukses dilaksanakan di tempat yang sama. Tema yang diusung pada tahun ini adalah Advancing Education, Science & Technology of Astronomy with The Most Current Space Technology for people and Students.

Sama halnya dengan tahun sebelumnya, Galaxy Forum diselenggarakan dengan tujuan untuk mengedukasi para anak didik bangsa Indonesia serta masyarakat umum tentang Ilmu Astronomi dan Sains Teknologi Keruangangkasaan. Hal ini dibuktikan dengan dihadirkannya para pakar astronomi dunia dari Lembaga Antariksa beberapa negara dalam acara tersebut. Para pembicara yang hadir adalah President of ILOA; Steve Durst, Singapore Space Industry; Jonathan Hung, Recent Developments of Astronomy in Vietnam; Dr. Pham Tuan Anh, Rektor Institute Teknologi Sumatera (ITERA); Prof. Ir. Ofyar Z. Tamim, M.Sc., dan dimoderatori oleh Bosscha Observatory, Institute of Technology Bandung (ITB); Dr. Hakim Luthfi Malasan, M.Sc., serta Rektor Ma Chung University, Malang; Dr. Chatief Kunjaya, M.Sc.

Dalam acara ini SKYWORLD Indonesia sebagai tuan rumah turut mengundang berbagai instansi pendidikan dan pengembangan astronomi seperti Lapangan Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Planetarium Jakarta, dan Sekolah Menengah Atas dari berbagai daerah. Peminat acara ini tidak hanya berasal dari Jabodetabek saja tetapi juga dari luar pulau jawa diantaranya Makassar, Sulawesi Selatan.

Dalam kata sambutannya President Director SKYWORLD Indonesia Arry Buchori menyampaikan harapannya agar SKYWORLD Indonesia mampu menjadi salah satu tempat belajar bagi masyarakat yang ingin menambah pengetahuan tentang ilmu antariksa beserta teknologinya. Begitu juga dengan yang disampaikan oleh Research and Development Director of SKYWORLD Indonesia; Teguh Arsono Atmosentono, dalam opening spechnya yaitu memajukan pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi astronomi serta teknologi ruang angkasa terkini bagi masyarakat dan pelajar, adalah realitas yang harus dihadapi menuju masa depan yang semakin modern dan canggih, namun penuh tantangan dalam suasana persaingan global untuk menciptakan tata peradaban dunia yang baru.

Itulah mengapa SKYWORLD Indonesia hadir dengan membawa warna yang baru di tengah-tengah industri wisata yang semakin ketat persaingannya, yakni dengan menjunjung tinggi pentingnya peranan edukasi dalam dunia rekreasi yang dibalut dengan sajian ilmu-ilmu astronomi.

#DNU