Kesehatan

Enam Khasiat Tersembunyi Buah Nangka

9 November 2018   18:14 Diperbarui: 9 November 2018   18:46 121 1 0
Enam Khasiat Tersembunyi Buah Nangka
(tribunnews.com)

Selain enak dikonsumsi langsung buah nangka juga bisa di olah terlebih dahulu untuk dijadikan lauk.  Buah manis ini ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan.

Layaknya pisang, nangka bisa dijadikan cemilan dengan di goreng atau dicampuri tepung terlebih dahulu. Atau di olah menjadi gudeg khas Yogyakarta.

Di balik rasa manisnya, ternyata nangka menyimpan efek positif bagi kesehatan apabila dikonsumsi. Salah satu dari beragamnya manfaat nangka yaitu anda dapat menambahkannya sebagai menu diet harian.

Dilansir dari CNNIndonesia berikut manfaat dari si buah manis ini

1. Sehat untuk jantung

Nangka memiliki kandungan potasium tinggi yang mampu menyeimbangkan sodium atau elektrolit yang dapat mengatur kadar air dalam tubuh. Apabila kadar sodium terganggu, maka akan muncul kerusakan di dala arteri dan jantung. Potasium juga dapat mengkoordinir fungsi otot. Terutama otot jantung, yang menjadikan jantung berfungsi normal.

2. Meningkatkan sistem imun

Vitamin C dalam nangka cukup tinggi. Dalam 165 gram nangka 18 persen di dalamnya adalah vitamin C. Perpaduan vitamin C dengan antioksidan menjadikan keduanya ampuh meningkatkan sistem imun pada tubuh. Memiliki sitem imun tubuh yang kuat berkemungkinan dapat melawan infeksi.

3. Kontrol gula darah

Indeks glikemik dalam nangka yang cukup rendah terbukti dapat mengtrol gula darah. Hal ini baik untuk kesehtan tubuh terutama bagi mereka yang memiliki riwayat diabetes. Nangka juga mengandung protein yang dapat mencegah kenaikan gula darah.

4. Baik untuk pencernaan

Dalam 100 gram buah nangka terdapat dua serat yaitu serat larut dan dan tak larut. Keduanyapun baik untuk tubuh. Serat tak larut memudahkan usus dalam memproses pencernaan sedangkan serat larut mudah di proses tubuh untuk menghasilkan energi.

5. Mencegah kanker

Konsumsi nangka juga memperkecil kemungkinan kanker mendekati tubuh anda. Nangka memiliki antioksidan yang bisa mengeliminasi racun masuk dalam tubuh. Salahsatunya racun yang berupa radikal bebas yang bdapat menjadi cikal bakal timbulnya penyakit kanker.

6. Anti penuaan

Nangka juga dapat di andalkan untuk menjaga kulit tetap elastis tanpa kerutan. Kandungan antioksidan dalam nangka mampu melawan radikal bebas sebagai penyebab munculnya penuaan kulit. Sehingga kulit bebas dari keriputan yang dapat mengganggu penampilan.

Selain manis rasanya ternyata manis juga khasiatnya. Enam manfaat buah nangka yang disebutkan diatas adalah beberapa dari puluhan khasiat lainnya. Anda juga dapat menambahkan nangka menjadi menu diet harian anda.