Mohon tunggu...
Lingkungan

Budidaya Tanaman Hidroponik

16 Mei 2019   04:19 Diperbarui: 16 Mei 2019   04:26 0 0 0 Mohon Tunggu...

Hidroponik adalah salah satu teknik bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah, sama halnya yang dilakukan keluarga Bapak Endud pendiri Farmer House Sukabumi di Gang Oyu Cikole Sukabumi Jawabarat, banyak warna hijau yang berasal dari tanaman hidroponik. Metode ini bisa dijadikan salah satu pilihan bercocok tanam di lahan yang sempit.

Sejak 2013 keluarga ini sudah menjadi pelopor menanaman dengan metode hidroponik di Sukabumi, karena ingin memanfaatkan pekarangan rumah untuk dijadikan lahan pertanian, setidaknya dari pekarangan rumah, keluarga ini bisa menghasilkan sayuran atau buah untuk sendiri. Hanya karena hobi, sarjana hukum ini mampu menciptakan pekarangan rumahnya menjadi perkebunan yang bermanfaat. Dari metode bercocok tanam ini, keluarga Pak Endud mampu menghasilkan tanaman seperti: Tanaman sayuran, Tanaman hias, dan Tanaman obat-obatan.

Tanaman hidroponik tidak menggunakan bahan kimia, hanya menggunakan pipa untuk mengaliri air dan busa yang telah dicampuri nutrisi yakni cairan abemiks. Hasil panen dari bercocok tanam ini mencapai omset 80 juta rupiah perbulannya. Saat ini Farmer House telah menanam lebih dari 10 jenis tanaman, mulai dari sayuran seperti selada merah, kangkung, paprika, cabai dan masih banyak lainnya.