Mohon tunggu...
dewi lestari
dewi lestari Mohon Tunggu... Guru

Mencari permasalahan dan solusi dalam pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Promosi Tepat Usaha Jahit Lebih Dekat: Strategi Sederhana Tingkatkan Pelanggan

8 September 2025   01:08 Diperbarui: 8 September 2025   01:08 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
memasang banner promosi Mbak Sari Rumah Jahit di Desa Sriwangi, OKU Timur. 

OKU Timur, Kompasiana -- Usaha jahit masih menjadi layanan penting bagi masyarakat, mulai dari membuat pakaian baru hingga mempermak pakaian lama agar lebih nyaman digunakan. Namun, tidak semua usaha jahit mudah dikenal masyarakat, terutama jika berada di lokasi yang kurang strategis. Kondisi ini dialami oleh Mbak Sari Rumah Jahit yang berada di Desa Sriwangi, Kecamatan Semendawai Suku III, Kabupaten OKU Timur.

Meski menyediakan berbagai layanan---seperti jahit seragam sekolah, kemeja, gamis, kebaya, hingga permak pakaian---banyak warga sekitar yang belum mengetahui keberadaan usaha ini. Menyikapi hal tersebut, tim pengabdian dari Universitas Nurul Huda melakukan langkah sederhana namun berdampak, yakni pemasangan banner promosi di depan lokasi usaha.

Banner yang dirancang dengan desain menarik, tulisan jelas, serta menampilkan gambar layanan jahit ini juga dilengkapi dengan alamat dan nomor kontak. Tujuannya, agar masyarakat lebih mudah mengenali sekaligus menjangkau usaha tersebut.

Setelah pemasangan banner dilakukan, terlihat perubahan yang cukup signifikan. Masyarakat mulai melirik dan mendatangi Mbak Sari Rumah Jahit untuk memesan jasa. Tidak sedikit pula yang menghubungi lewat kontak yang tertera. "Banner ini sangat membantu, orang-orang jadi tahu usaha saya ada di sini. Pelanggan juga bertambah," ungkap Sari, pemilik usaha jahit.

Strategi promosi dapat diperluas melalui media sosial atau brosur untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Namun, menjaga kualitas layanan tetap menjadi prioritas agar pelanggan lama maupun baru merasa puas.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa usaha kecil sekalipun bisa berkembang pesat dengan strategi promosi yang efektif dan tepat sasaran.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun