Mohon tunggu...
dewi laily purnamasari
dewi laily purnamasari Mohon Tunggu... Dosen - bismillah ... love the al qur'an, travelling around the world, and photography

iman islam ihsan

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Tips Bepergian Naik Transportasi Umum

14 Mei 2024   12:17 Diperbarui: 14 Mei 2024   12:19 80
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Teteh menggunakan transportasi umum untuk berkeliling Jakarta. Sumber gambar dokumen pribadi.

Seiring dengan makin panasnya udara di berbagai kota, terutama di Jakarta tempatku berdomisili sejak tahun 1976. Sebagai warga Ibu Kota Negara Indonesia, aku sangat bersyukur saat ini telah dibangun infrastruktur dan pelayanan publik yang baik terutama di bidang transportasi umum.

Dalam sebuah kesempatan diskusi santai dengan anakku yang kuliah di ITB program studi Perencanaan Wilayah dan Kota, dapat diambil kesimpulan bahwa Jakarta sebagai kota metropolitan sudah berkembang pesat, semakin maju, dan mampu bersaing dengan kota setara di dunia. 

Aku senang sekali menggunakan berbagai moda transportasi umum seperti MRT, Transjakarta, Jaklingko, LRT, dan KRL. Tak lupa sebagai ibu, aku juga memperkenalkan kebiasaan baik untuk mendahulukan penggunaan transportasi umum dalam keseharian kepada anak-anakku. Mengapa demikian?

Baca artikel terkait: Transjakarta, Connecting the Life of Jakarta

Transportasi umum yang sudah terintegrasi dengan baik di Jakarta tentu saja mempermudah mobilisasi warga dari satu titik ke titik lainnya. Kenyamanan kendaraan juga sangat diperhatikan, ada AC dan supir yang profesional. Ditambah lagi para petugas di setiap halte yang sigap membantu jika kita mengalami kendala. Dari sisi keamanan, aku juga merasa bahwa lebih aman menggunakan Transjakarta atau Jaklingko dibandingkan naik ojek online. He3 ... Ini sih sebenarnya aku yang memang tidak nyaman jika harus dibonceng orang lain yang tidak dikenal.


Bis yang digunakan oleh Transjakarta sudah beralih kepada energi listrik dan mulai mengurangi bis yang menggunakan BBM. Hal ini juga membuat satu dampak positif yaitu berkurangnya emisi karbon di jalanan Jakarta.

Tips Aman dan Nyaman Saat Bepergian

Nah ... Setelah tahu bagaimana keadaan transportasi umum di Jakarta, ijinkan aku memberikan tips agar nyaman dan aman saat bepergian terutama ketika bersama anak.

Transjakarta yang nyaman dan aman digunakan oleh anak. Sumber gambar dokumen pribadi.
Transjakarta yang nyaman dan aman digunakan oleh anak. Sumber gambar dokumen pribadi.

Pertama, gunakan pakaian yang nyaman dan sopan. Tidak memakai sepatu berhak tinggi. Waaahhh ... Bisa keseleo atau terkilir ketika menaiki tangga yang tinggi di halte. Kaki juga akan pegal linu karena jarak ketika beralih halte itu cukup jauh, seperti di Semanggi, Pramuka, atau ketika turun dari halte menuju lokasi yang dituju. Stasiun MRT memiliki tangga yang curam karena berada di bawah tanah. Jaraknya juga cukup jauh dan membutuhkan tenaga untuk berjalan menuju kereta.

Kedua, bawa kartu elektronik yang berisi uang. Jangan lupa diisi ya ... Saldo kalau habis tentu saja tak akan bisa digunakan. Ada mesin pengisi saldo di beberapa halte, belum semuanya. Aku tahu ada di halte Transjakarta Bundaran HI dan Cawang UKI. Stasiun MRT dan KRL semuanya ada loket untuk mengisi saldo. Jika punya lebih dari satu kartu itu lebih baik. Oya ... Anak-anak tetap harus menggunakan kartu sendiri, tidak bisa digabung dengan orang tuanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun