Mohon tunggu...
dewi laily purnamasari
dewi laily purnamasari Mohon Tunggu... bismillah ... love the al qur'an, travelling around the world, and photography

iman islam ihsan

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi Pilihan

Cara Lapor Polisi Bila Motor Digondol Maling

30 Desember 2020   09:36 Diperbarui: 30 Desember 2020   09:39 243 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Lapor Polisi Bila Motor Digondol Maling
Pengalaman motor anakku digondol maling/ilustrasi: Kompasiana.com

Kejadian curanmor dialami oleh anakku sulung yang sedang kuliah di Fapet Unpad. Kaka tinggal di rumah kontrakan bersama dua temannya di daerah GKPN Jatinangor. Peristiwa pada bulan Maret tahun 2019 itu menjadi pengalaman berharga bagi anakku. Setelah tahu motornya hilang diparkiran depan rumah, Kaka langsung menelponku.

'Bu ... Innalillahi motor Kaka hilang,' begitu suara Kaka terdengar gawaiku. Sejenak aku diam dan berucap istighfar -Astaghfirullah. 'Innalillahi wa inna ilahi rojiun ... Ya Kaka. Kumaha kejadiannya ?' tanyaku. Secara ringkas anakku menjelaskan kronologis hilangnya motor Beat yang baru berumur setahun itu. Lalu aku menyarankan agar Kaka segera melapor ke pihak Kepolisian terdekat.

Anakku setelah lapor RT/RW di lingkungannya, segera menuju ke Kantor Resor Sumedang, Sektor Jatinangor. Kaka diterima dengan baik oleh petugas pendaftaran dan diminta untuk menjelaskan keperluannya. Ternyata hari itu baru bisa didaftar. Petugas yang menangani kasus pencurian kendaraan bermotor sedang ada dinas keluar. Kaka diminta kembali dua hari lagi.

Karena waktunya diundur, aku bilang kemungkinan bisa menemani Kaka saat lapor diri. Aku bersiap meluncur dari Jakarta menuju Bandung. Alhamdulillah dihari yang disepakati aku dan Kaka bertemu dengan petugas. Kami diterima di ruangan khusus. Setelah menyerahkan kartu identitas dan semua berkas yang berkaitan seperti STNK dan BPKB copy, serta memperlihatkan aslinya. Laporan kami pun diproses.

Petugasnya ramah. Berpakaian sipil, he3 ... Tidak memakai seragam Polisi. Aku bertanya ada dinas apa dua hari lalu ? (Sssttt ... Jiwa jurnalis kadang muncul menggoda untuk sekedar tanya-tanya -just info). Syukurlah petugasnya baik hati mau menjawab pertanyaanku. Dia bilang ada tugas memindahkan tahanan yang sudah berlebih di kantor ini. 

Ruang tahanan di bagian belakang kantor sudah penuh. Banyak kasus dimana pelaku kejahatannya tertangkap dan ditahan di sini. Terutama kasus curanmor di Jatinangor ini rawan. Namun, sesuai prosedur mereka harus segera dipindahkan ke tempat yang lebih luas sesuai dengan jenis kejahatannya untuk proses selanjutnya. 'Sekarang ruang tahanan sedang kosong, Bu', sambil tersenyum dia menutup penjelasannya.

Kaka diminta menjelaskan kembali kronologis hilangnya motor. Petugas mengetiknya di laptop. Tak lama hasilnya pun diprint out untuk ditandatangani oleh Kaka dan Kepala Kepolisian Sektor Jatinangor. Nama berkasnya adalah Surat Tanda Bukti Lapor. Identitas pelapor ditulis. Lalu melaporkan kejadian pencurian sesuai pasal 363 KUHP. Tempat dan waktu kejadian perkara. Uraian singkat kejadian ditulis sebagai bagian tak terpisahkan dari surat ini.

...

Modus Curanmor yang Biasa Terjadi

Surat Tanda Bukti Lapor yang dibuat oleh petugas Kepolisian Resor Sumedang Sektor Jatinangor/dokpri
Surat Tanda Bukti Lapor yang dibuat oleh petugas Kepolisian Resor Sumedang Sektor Jatinangor/dokpri

Uraian singkat kejadian. Pada hari selasa, 5 Mei 2019 telah terjadi tindak pidana pencurian dua unit sepeda motor yaitu Honda Beat dan Honda Variao (dijelaskan nomor rangka dan nomor mesin, serta warna dan tahun perakitan sesuai STNK / BPKB). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN