Mohon tunggu...
dewi laily purnamasari
dewi laily purnamasari Mohon Tunggu... bismillah ... love the al qur'an, travelling around the world, and photography

iman islam ihsan

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Masjid Baiturrahman dan Masjid Rahmatullah, Saksi Kekuasaan Allah

12 November 2020   15:01 Diperbarui: 12 November 2020   15:19 393 14 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Masjid Baiturrahman dan Masjid Rahmatullah, Saksi Kekuasaan Allah
Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh NAD (Dokpri)

Sekali lagi suamiku harus terbang ke Negeri Serambi Makkah. Ada proyek gedung yang harus ditinjau. Pesawat terbang dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan mendarat dengan selamat di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda. 

Kali ini oleh-oleh foto keren dari suami adalah Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Museum Tsunami Aceh, dan Masjid Rahmatullah Lampuuk

Megahnya bangunan ini sebagai landmark Banda Aceh (Dokpri)
Megahnya bangunan ini sebagai landmark Banda Aceh (Dokpri)

Menilik sejarah saat Belanda menyerah Kesultanan Aceh, masjid ini menjadi benteng pertahanan. Juga untuk menyerang balik, namun Belanda menembakkan meriam ke atap masjid hingga terbakar. Pada tahun 1607 hingga 1636, Belanda membangun masjid ini dengan desain dari arsitek bernama Geritt Bruins. Gaya arsitektur yang dipilih adalah gaya Kebangkitan Mughal. Dengan atap berkubah besar warna hitam. Bahan bangunan pun didatangkan dari Belgia untuk kaca patri jendela, pintu kayu, dan lampu gantung perunggu. Tangga marmer dan lantai berasal dari Tiongkok. Bebatuan ada yang dikirim dari Belanda.

Menanti waktu dhuha di pelataran masjid (Dokpri)
Menanti waktu dhuha di pelataran masjid (Dokpri)

Menara tinggi menjulang ciri khas bangunan masjid (Dokpri)
Menara tinggi menjulang ciri khas bangunan masjid (Dokpri)

 Masjid Raya Baiturrahman menjadi saksi Kebesaran Allah Yang Maha Agung lagi Maha Perkasa. Terjangan tsunami tidak menghancurkannya. Tete[  berdiri kokoh, bahkan menjadi lokasi perlindungan masyarakat saat hampir semua bangunan luluh lantak. Subhanallah.

Satu lagi masjid saksi sejarah tsunami adalah Masjid Rahmatullah Lampuuk. Masjid yang terletak di Kabupaten Aceh Besar ini dibangun pada tahun 1990 hingga 1994. Nah ... Saat tsunami ternyata masjid ini tetap tegak berdiri.

Kekuasaan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Mulia telah dinyatakan dengan tidak runtuhnya kedua masjid tersebut. Rasanya sangat mendebarkan dan mengharukan. Hati ini pastilah bergetar dan makin meyakini bahwa bila Allah berkendak 'Kun fa ya kun'.

Masjid Rahmatullah Lampuuk (Dokpri)
Masjid Rahmatullah Lampuuk (Dokpri)

Namun di dalam bangunan masjid ada bagian yang dijadikan kenangan, betapa dahsyatnya tsunami tahun 2004. Bagian ini dibiarkan sebagaimana semula.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN