Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, dan nonton film unik. Juga nulis di blog: https://dewipuspasari.net; www.keblingerbuku.com; dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Yuk Kenal Lebih Dalam Aneurisma Otak dan Alasan Pentingnya "Brain Check Up"

19 September 2021   11:09 Diperbarui: 19 September 2021   11:12 294 8 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Aneurisma otak ternyata bisa berdampak fatal bagi tubuh (sumber gambar: pixabay/RobinHiggins)

"Raising awareness, supporting survivors, saving lives."

Itulah tema bulan kesadaran akan aneurisma otak (brain aneurysm) yang diperingati setiap bulan September. Penyakit ini memang tidak begitu dikenal dan dipajami oleh awam. 

Aku pun baru tahu akan aneurisma otak ketika ada selebriti yang mengalaminya. Penyakit ini bisa mengganggu fungsi tubuh hingga merengut nyawa penderitanya. Tak kurang ada 500 ribu orang yang meninggal karena aneurisma otak.

Sebenarnya apa sih penyakit aneurisma otak?

Aneurisma otak adalah kondisi tubuh di mana dinding pembuluh darah melebar atau menonjol. Hal ini dikarenakan dinding pembuluh darah tersebut yang lemah.

Apabila dinding pembuluh darah ini pecah maka kondisi ini akan fatal bagi tubuh penderitanya. Ia akan bisa mengalami pendarahan otak dan kerusakan otak. Pecahnya dinding pembuluh darah ini bisa dialami oleh sekitar satu orang setiap 18 menit.

Dinding pembuluh darah otak bisa membengkak dan melebat itulah aneurisma otak (sumber gambar: RS PON)
Dinding pembuluh darah otak bisa membengkak dan melebat itulah aneurisma otak (sumber gambar: RS PON)

Kisah penderita aneurisma otak ini pernah kudengar dialami oleh Emilia Isobel Euphemia Rose Clarke atau yang beken dengan nama Emilia Clarke. Ia adalah bintang asal Inggris yang terkenal lewat perannya sebagai ibu naga alias Daenerys Targayen di serial "Game of Thrones". Ia kemudian juga membintangi "Me Before You" dan "Last Christmas".

Ia bercerita tak tahu jika ia mengidap aneurisma otak. Tiba-tiba ia merasa sakit parah saat menjalani latihan. Ketika ia menjalani pemeriksaan MRI, ia disebut mengalami perdarahan mendadak di celah antara otak dan membran tengah.

Setelah beroperasi dan beristirahat, ia sempat mengalami afasia, lupa nama dan depresi. Ia mengaku saat bersyukur bisa lolos dari aneurisma sehingga ketika sembuh bisa mengikuti syuting musim kedua "Game of Thrones".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan