Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, dan nonton film unik. Juga nulis di blog: https://dewipuspasari.net; www.keblingerbuku.com; dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Nasi Goreng Vegetarian, Kaya Sayuran dan Segar

29 Juni 2021   23:46 Diperbarui: 29 Juni 2021   23:54 124 5 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nasi Goreng Vegetarian, Kaya Sayuran dan Segar
nasi goreng vegetarian, penuh sayuran (dokpri)

Suatu ketika di sebuah restoran di Purwokerto yang memiliki menu vegetarian, aku menemukan menu nasi goreng vegetarian. Nama lainnya nasi goreng hijau. Aku penasaran dengan menu satu ini karena di dalam nasi goreng ini tak ada ayam ataupun daging sapi, hanya sayuran

Dan setelah agak lama menunggu, nasi goreng hijau tersebut pun disajikan. Penampilannya cantik. Didominasi oleh sayuran hijau. Setelah menyibak isinya dan mencicipi rasanya, maka aku menebak-nebak resepnya sebagai berikut.

Bahannya di antaranya:

  • Bawang putih 1-2 butir
  • Lada setengah sendok teh
  • Nasi putih satu piring
  • Jagung manis dipipil 3 sendok makan
  • Buncis dua buah
  • Jamur dua buah, bisa jamur kancing, bisa jamur  merang atau jamur tiram
  • Oregano secukupnya
  • Mentimun dan tomat sebagai hiasan
  • Garam secukupnya

Untuk memasaknya, sepertinya seperti memasak nasi goreng pada umumnya. Bumbu berupa bawang putih ditumis dengan mentaga. Lalu tambahkan nasi. Aduk rata, tambahkan sedikit garam dan lada. Baru kemudian tambahkan aneka sayuran seperti buncis, jamur, dan jagung manis. Lalu aduk lagi hingga rata dan sayuran agak empuk. Baru kemudian tambahkan oregano.  Hidangkan dengan irisan tomat dan mentimun. 

Bila ingin tambahan telur, juga bisa ditambahkan pada saat memasukkan sayuran sehingga matangnya berbarengan. Tapi nasi goreng sayuran tanpa telur, ayam, ataupu daging sapi juga tetap enak. 

Jika ingin rasanya unik maka tambahkan sedikit taburan keju. Lalu bakar sehingga ada aroma asap yang membuat cita rasanya jadi khas. Kejunya akan menambah aroma dan rasa yang gurih.

Rasanya tetap gurih meski kaya akan sayuran. Adanya sayuran ini juga membuat nasi goreng ini terasa segar, berbeda dengan nasi goreng pada umumnya.  

Oh iya nasi goreng vegetarian ini juga pernah kusantap ketika melancong di sebuah tempat yang juru masaknya orang Tibet. Ia memasak nasi dengan sedikit mentega dan aneka jamur. Wah rasanya sungguh sedap dan gurih. Kami berdua sering menyantap hidangan ini ditemani teh susu.

Nasi goreng vegetarian ini bisa dimodifikasi dengan jenis sayuran yang disukai. Buncis bisa diganti dengan wortel. Sawi hijau dan putih juga bisa ditambahkan biar semarak. Bayam juga enak buat dicampurkan ke nasi goreng. Sebagai tambahan protein bisa ditambahkan tahu sutera di dalamnya. Nasi goreng vegetarian ini dijamin tak kalah sedap dengan nasi goreng pada umumnya.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN