Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, dan nonton film unik. Juga nulis di blog: https://dewipuspasari.net; www.keblingerbuku.com; dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

"Katla", Sesuatu Misterius dari Lapisan Es

28 Juni 2021   23:59 Diperbarui: 29 Juni 2021   00:00 212 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Katla", Sesuatu Misterius dari Lapisan Es
Ada apa dengan gletser dan gua es di desa Vic? (Sumber: Forbes.com/Netflix)


Hari itu sesuatu yang aneh terjadi di Vik, sebuah desa di Islandia. Sesosok tubuh muncul dari bawah lapisan es alias gletser. Ia lalu berjalan tertatih-tatih di permukaan gletser dengan sekujur tubuh tertutup abu vulkanik. Siapakah ia? Identitasnya yang terungkap mengejutkan seisi desa. Film misteri dengan nuansa yang mencekam ini tersaji dalam serial horor Islandia berjudul "Katla".

Bukan hanya penonton yang was-was melihat ada sosok manusia muncul dari retakan gletser, namun juga warga setempat yang masih tinggal di kawasan yang setahun sebelumnya terimbas aktivitas vulkanik. Apalagi ia mengaku sebagai Gunhild, di mana ternyata juga ada sosok perempuan dengan nama dan perawakan sama persis, hanya usianya jauh lebih tua di kota yang berbeda.

Kehadiran perempuan tersebut tentunya mengundang tanda tanya sejumlah warga. Gunhild tua (Aliette Opheim) juga terhenyak mendapati kabar tersebut. Ia sendiri memang pernah datang ke kota tersebut saat masih muda.

Siapakah sosok tersebut? (Gambar: IMDb/Netflix)
Siapakah sosok tersebut? (Gambar: IMDb/Netflix)

Grima (Gurn r Eyfjr) yang menemukan sosok tersebut mencoba menyibak misteri tersebut bersama polisi bernama Gisli (orsteinn Bachmann). Apakah perempuan misterius itu doppelgangers ataukah makhluk aneh lainnya? Sambil berupaya mengungkap misteri, sosok-sosok misterius lain pun bermunculan dari retakan-retakan gletser.

Alurnya Terasa Lambat
Film ini selintas mengingatkanku pada serial asal Jerman,"Dark". Ada misteri kemunculan sosok-sosok misterius dari portal, di mana portal di film ini adalah retakan-retakan gletser. Baltsar Kormakor, sutradara dan pencipta film ini, nampaknya tak buru-buru, mengungkap puzzle demi puzzle dalam film ini. Ia membiarkan imajinasi penonton menebak-nebak apa yang sebenarnya terjadi.

Nuansa Mencekam dengan Latar Panorama Indah, Dingin, dan Misterius
Sang sutradara dengan perlahan-lahan membangun nuansa dan atmosfer horor yang mencekam. Tak ada penampakan, tak ada wujud seram, namun dengan kepiawaiannya penonton mampu dibuat ketakutan karena pertanyaan-pertanyaan yang tak kunjung ada jawabannya. 

Apa sebenarnya makhluk tersebut, apa tujuannya, dan bagaimana bagian bawah gletser tersebut menyimpan sejumlah makhluk tersebut?

Latar panorama Desa Vik di Islandia adalah sebuah kontradiksi yang apik. Gletser dan gunung volkano yang mengancam nampak begitu indah dan menenangkan. Namun di satu sisi, bentang alam ini menghadirkan suasana yang sunyi, dingin, dan misterius.

Grima dan Gisli dalam film ini digambarkan sebagai orang-orang biasa yang juga bingung menghadapi fenomena ini. Mereka menggunakan cara masing-masing untuk menelaah situasi yang tak masuk akal ini. Tokoh-tokoh lainnya yang menjumpai 'kembarannya'juga berupaya menghadapi masalahnya meski tak siap dengan yang dijumpainya di depan mata.

Polisi pun kebingungan (sumber: Forbes.com/Netflix)
Polisi pun kebingungan (sumber: Forbes.com/Netflix)

Film serial yang tayang di Netflix ini mungkin bisa membuat kalian ikut merasa frustasi. Apalagi di episode kedelapan, yang menjadi akhir musim pertama ini, ada kelokan cerita yang mengejutkan. Psikologi kalian akan ikut terteror juga terus bertanya-tanya apa yang sebenarnya disembunyikan di balik lapisan es tersebut.  

Omong-omong bakal ada musim keduanya. 

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x