Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, & nonton film unik. Juga nulis di https://dewipuspasari.net dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Musik Artikel Utama

Lagu-lagu Asyik yang Menghiasi Film "Bebas", Ada Favoritmu?

9 Oktober 2019   15:22 Diperbarui: 25 Oktober 2019   00:17 0 5 3 Mohon Tunggu...
Lagu-lagu Asyik yang Menghiasi Film "Bebas", Ada Favoritmu?
Cuplikan film "Bebas" (Instagram/milesfilms)

Film "Bebas" memiliki tembang-tembang asyik yang menghiasi sepanjang film. Sebagian besar di antaranya merupakan lagu 90-an yang rilis sekitar tahun 1990-1995 karena film ini berlatar tahun 1995. Yuk simak lagu soundtrack apa saja yang hadir dalam film ini.

Oleh karena latar ceritanya adalah pertengahan tahun 90-an maka lagu-lagu jaman itu banyak hadir dalam film ini. Kalian yang besar di era ini pasti langsung mudah mengenalinya.

Lagu-lagu tersebut di antaranya Bebas milik Iwa K, Bidadari-nya Andre Hehanussa, Cukup Siti Nurbaya milik Dewa 19, Kebebasan dari Singiku, dan Cerita Cinta yang kondang lewat Kahitna.

Bebas - Iwa K
Nama geng "Bebas" memang erat kaitannya dengan lagu Iwa K yang kondang, yaitu Bebas. Tak heran jika lagu ini menjadi theme song film "Bebas" dan beberapa kali muncul di adegan film. Bahkan, lagu Bebas ini menjadi lagu yang menginspirasi Kris, Jojo, Vina, Gina, Suci, dan Jessica untuk membuat penampilan khusus di sebuah acara sekolah tahunan.

Tembang "Bebas" masuk dalam album Topeng yang dirilis tahun 1994. Topeng merupakan album kedua Iwa K dan diedarkan di bawah label Musica Studio. Lagu ini kontan melambungkan nama Iwa K sebagai jagoan rap ternama. Ia menjadi salah satu tembang hits Iwa K setelah lagu "Kuingin Kembali". Hingga kini, Iwa K telah memiliki enam album solo dan berbagai proyek album kolaborasi.

Lagu ini memiliki irama yang riang dan bersemangat. Isi lagunya membahas tentang persahabatan dan juga tentang rileks sejenak menikmati hidup. Lagu ini sungguh kondang, juga laris dan berhasil meraih penghargaan platinum.

Dalam film juga ada versi barunya yang dibawakan Iwa K bersama pemeran remaja geng Bebas, Sheryl Sheinafia, Miacura, dan Agatha Pricilla.


Bebas lepas kutinggalkan saja semua beban dihatiku
Melayang kumelayang jauh
Melayang dan melayang.


Kebebasan - Singiku
Band Singiku mencuri perhatian dengan tampil trio dan musik mereka yang menggunakan unsur elektronik. Suara penyanyinya juga menggunakan efek sehingga tampil unik.

Video klipnya juga berkesan, tentang seorang remaja perempuan lugu dengan kawat gigi, berkepang, berjerawat, dan berkaca mata tebal kemudian mencoba melihat dunia malam. Pemeran gadis tersebut adalah Andhara Early dan video klipnya meraih penghargaan

Lagu "Kebebasan" masuk dalam album pertama dan album terakhir band asal Yogya berjudul Cerita Pagi. Ia dirilis di bawah Aquarius Musikindo. Lagu ini bercerita tentang seorang gadis yang melihat dunia sekitarnya dengan senang meski kadang-kdang tak seramah yang ia bayangkan.

Kusenang, kusenang, ku telah bebas
Kusenang, kusenang, dunia ini indah


Aku Makin Cinta - Vina Panduwinata
Nama pemeran utama "Bebas" adalah Vina Panduwinata yang diperankan Maizura dan Marsha Timothy untuk versi remaja dan dewasa. Ia diolok-olok kawan sekelasnya dengan nama tersebut, tapi kemudian ia percaya diri.

Pada sebuah adegan ia nampak begitu gembira bertemu pria yang disukainya dengan latar lagu Vina berjudul Aku Makin Cinta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
KONTEN MENARIK LAINNYA
x