Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, & nonton film unik. Juga nulis di https://dewipuspasari.net dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

Kehidupan Kedua Usai Jam Kerja

2 September 2019   23:38 Diperbarui: 4 September 2019   08:06 0 21 8 Mohon Tunggu...
Kehidupan Kedua Usai Jam Kerja
Apa kegiatanmu usai jam bekerja? Ilustrasi: redwallpapers.com

Seorang kawanku setiap hari bekerja membawa mobil. Bukan untuk pamer atau kelihatan lebih bergaya. Usai jam bekerja, ia berganti rupa menjadi pengemudi daring. Dua hingga tiga jam mengantarkan beberapa penumpang dirasanya cukup. Kemudian ia pun beristirahat, kembali ke rumah.

Ada banyak pilihan untuk menjalani kehidupan kedua. Seorang satpam di kompleks perumahan, memilih menekuni menjadi penjaga parkir sekaligus penjaga keamanan di sebuah minimarket untuk menambah pundi-pundi uangnya. Dua-duanya pekerjaan yang serupa dan ia menjalaninya dengan sukacita demi keluarga.

Kawan lainnya memilih menambah ilmu dengan mengikuti kuliah malam. Ia selalu ke luar kantor teng go dan bergegas menuju ke kampusnya. Ia kadang-kadang nampak begitu mengantuk keesokan harinya, tapi setelah dua tahun kemudian ia menikmati hasilnya.

Awal-awal aku tiba di ibukota aku sempat merasa kebanyakan waktu. Setelah berkeliling ke sana ke mari mendatangi acara kesenian atau ikut-ikutan kawan menjelajahi pusat kuliner, aku juga memutuskan untuk kembali ke bangku kuliah.

Awalnya tidak mudah menjalani dua kehidupan, dari pukul 06.00 hingga pukul 22.00 atau kadang-kadang lebih setiap Senin hingga Jumat. Tapi kemudian aku terbiasa dan menyukainya. 

Aku mendapatkan ilmu baru, kawan baru, dan kehidupan lain di luar lingkungan pekerjaanku. Kehidupan kedua itu memperkayaku.

Lainnya menggunakan kehidupan setelah bekerja mereka dengan berbagai cara. Menjalani hobi, bekerja sampingan, atau menjadi sukarelawan. Kehidupan kedua itu memberikan pengalaman dan mewarnai hidup kita.

Berkebun juga merupakan hobi yang bermanfaat | Photo by rawpixel on Unsplash
Berkebun juga merupakan hobi yang bermanfaat | Photo by rawpixel on Unsplash
Era Digital Memberikan Peluang Lebih Banyak
Era digital memberikan peluang lebih besar untuk kehidupan baru selepas jam bekerja. Ada banyak waktu yang bisa dihemat dan ada lebih banyak alternatif untuk memilih menghabiskan waktu usai jam bekerja.

Kawanku, sebut saja Andre, memilih menekuni bisnis event organizer (EO). Awalnya ia menjadi badut dan pesulap, lalu bisnisnya membesar menjadi EO acara ulang tahun anak-anak.

Ia menyediakan badut, pesulap, dekorasi, kue ulang tahun, dan suvenirnya. Setiap pulang bekerja ia melayani permintaan klien dan merancang eventnya. 

Kemudian Sabtu atau Minggu ia berganti rupa dari kemeja rapi menjadi pria dengan kostum badut. Ia menggunakan website dan instagramnya untuk menebar pesona ke calon kliennya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x