Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, dan nonton film unik. Juga nulis di blog: https://dewipuspasari.net; www.keblingerbuku.com; dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Aplikasi Ini Bantu Libur Lebaran Jadi Makin Asyik

3 Juni 2019   16:37 Diperbarui: 3 Juni 2019   16:41 27 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Berikut Lima Aplikasi Seru yang Bikin Liburan Makin Asyik (dokpri)

Setiap sahur aku rutin bermain 'Elevate" Sebenarnya aplikasi ini bukan sekedar permainan sih, tapi juga bisa menambah kosakata dan kemampuan aritmatika. Hanya sekitar lima menit perhari aku pun bermain sambil belajar bahasa Inggris dan angka. Aplikasi ini juga menemani liburan lebaranku. Selain 'Elevate' masih ada empat aplikasi mobile di ponsel yang menemaniku selama libur lebaran.

Selama libur lebaran, biasanya ada momen-momen kita bingung mau melakukan apa. Teman-teman ngajak jalan tapi malas bergerak, terjebak di sebuah momen bersama sanak saudara yang tidak dikenal dan susah nyambung, atau ketika lelah membantu keluarga memasak menyiapkan hidangan lebaran.

Elevate

Tak terasa aku sudah 100 hari memainkan aplikasi ini. Aku suka akan angka dan bahasa. Di sini aku bisa berlatih aritmatika secara cepat dan melakukan estimasi perhitungan lebih presisi. Aku pernah diberitahu jika berlatih menghitung akan membuat otak akan terus aktif.

Selain itu dengan 'Elevate' aku bisa mengasah kemampuan bahasa Inggrisku. Aku belajar kosakata baru, membuat kesimpulan dari sebuah paragraf, menemukan ungkapan untuk ekspresi yang tepat, dan sebagainya. Belajar dengan cara yang menyenangkan.

Di Elevate bisa belajar bahasa Inggris dan Matematika (dok.Elevate)
Di Elevate bisa belajar bahasa Inggris dan Matematika (dok.Elevate)
Spotify

Aku suka mendengar musik dan mengenal lagu-lagu baru. Aplikasi mobile seperti Spotify membantuku memberiku semangat saat aku sedang bosan. Dengan koleksi lagunya yang bejibun, baik lagu Indonesia maupun lagu mancanegara, aku tak pernah kekurangan lagu yang ingin kuperdengarkan.

Kategori lagunya ada banyak. Ada lagu rock, pop, punk, chill, electronic/dance, akustik, hip hop dan sebagainya. Ada juga kategori podcast yang saat ini mulai ngetren. Podcast ini macam-macam, ada yang isinya sekedar hiburan, banyak pula yang menambah wawasan.

Oleh karena aku mengunakan metode cuma-cuma, maka lagu-lagu yang kudengarkan diberikan secara acak berdasarkan preferensi, yaitu musik rock. Tidak apa-apa sih, aku jadi mendengar banyak musik baru, banyak di antaranya yang kemudian menjadi musik favorit baruku. Oh iya aku juga sering mendapat ide mengulas musisi atau lagu baru dari apps ini.

Ada banyak lagu-lagu Indonesia di Spotify (dok. Spotify)
Ada banyak lagu-lagu Indonesia di Spotify (dok. Spotify)
Aplikasi Streaming Film Legal Seperti Netflix

Menonton film efektif untuk meredakan stres, kecuali film yang serem banget hehehe. Akhir-akhir ini aku tak sesering dulu dalam menyaksikan film di bioskop, paling seminggu sekali. Biasanya ada momen-momen aku menyaksikan film secara streaming legal. Dulu aku suka menjajal aplikasi streaming film yang suka memberikan gratis selama sebulan. Setelah masa gratis selesai maka aku mencoba lainnya. Kini aku dan kawan-kawan patungan untuk menggunakan aplikasi streaming Netflix. Lumayan bisa nonton puas film-film dan serial televisi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan