Mohon tunggu...
deviona al
deviona al Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UPN VETERAN JAWA TIMUR

Saya ketap dipanggil viona,saya Mahasiswa Pariwisata di UPN VETERAN JAWA TIMUR saya memiliki bakat menulis dan mengedit sesuatu dengan aplikasi canva,saya bisa berkomunikasi dengan baik dan mempunyai rasa sosial yang tinggi. Hobi saya adalah traveling

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Bela Negara bagi Mahasiswa

10 Desember 2023   21:40 Diperbarui: 10 Desember 2023   22:55 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bela negara adalah suatu kewajiban bagi seluruh warga negara Indonesia. Hal ini telahdinyatakan dalam UUD 1945, pasal 27 ayat 3 tentang Warga Negara dan Penduduk bahwa:

Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Hal itudapat diimplementasikan melalui :

1) pendidikan kewarganegaraan

2) pelatihan dasar kemiliteran secara wajib

3) pengabdian sebagai Tentara Nasional Indonesia (TNI) secara sukarela atau wajib

4) pengabdian sesuai dengan profesi.

Kesadaran bela negara pada mahasiswa diimplemtasikan pada membuang sampah padatempat yang disediakan, perlindungan dan keamanan bagi masyarakat sudah baik, taatberagama dengan sudah melaksanakan dan menjalankan ibadah dan menjaga kerukunanhidup di antara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan yang Maha Esa,sadar telah membina diri saya sendiri agar dapat mandiri kelak, dan bangga kepadaperjuangan para pahlawan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun