Mohon tunggu...
Devinia Puspita Nugroho
Devinia Puspita Nugroho Mohon Tunggu... Mahasiswa - Freelance tutor, writer, dan mahasiswa hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta

Hobi menulis dan berbagi informasi

Selanjutnya

Tutup

Beauty Pilihan

5 Tips Ampuh untuk Mengatasi Wajah yang Kusam, Wajah Auto Cerah dan Glowing!

23 Agustus 2022   17:00 Diperbarui: 23 Agustus 2022   17:01 245 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi wanita menggunakan skincare. Sumber ilustrasi: unsplash.com/Kalos Skincare

Wajah kusam disebabkan oleh banyak faktor. Faktor utama yang dapat menyebabkan wajah menjadi kusam, yaitu adanya paparan dari sinar matahari. Paparan sinar matahari secara berlebih dapat membuat kulit kita menjadi kusam, kering, dan warna kulit menjadi tidak merata.

Dewasa ini, mempunyai kulit yang cerah dan glowing menjadi dambaan banyak wanita. Mempunyai kulit yang kusam terkadang membuat wanita merasa kurang percaya diri terhadap penampilannya.

Nah, jika kamu sedang berjuang untuk mencerahkan kulit yang kusam, berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan wajah yang cerah dan glowing!

1. Membersihkan wajah dengan facial wash secara rutin
Membersihkan wajah merupakan hal yang wajib dilakukan setiap hari, jika kotoran dan debu yang ada pada wajah tidak dibersihkan maka sel kulit mati akan menumpuk pada wajah. 

Hal tersebut dapat menyebabkan kulit kita menjadi kusam dan kering. Maka dari itu, rutin gunakan facial wash atau sabun cuci muka pada pagi dan malam hari agar kebersihan dan kelembapan wajah tetap terjaga, ya!

2. Menerapkan pola hidup sehat
Menerapkan pola hidup yang sehat juga tidak kalah penting untuk menjaga kulit agar tetap cerah dan lembap. Menerapkan pola hidup sehat dapat dilakukan dengan mengonsumsi buah, sayur, dan air putih secara rutin. 

Contoh buah dengan kandungan yang bagus untuk menjaga kesehatan kulit yaitu jeruk dan lemon, buah jeruk dan lemon kaya akan vitamin c yang dapat mencerahkan kulit. 

Jangan lupa konsumsi air putih dengan cukup juga, ya!. Kurangnya mengonsumsi air putih dapat membuat tubuh menjadi kurang cairan yang menyebabkan kulit kehilangan kekenyalan dan elatisitasnya sehingga kulit tampak kusam dan kering.

3. Rutin gunakan sunscreen dan cream malam setiap hari
Paparan sinar matahari sangat berdampak besar bagi kesehatan kulit. Pasalnya, kulit yang terkena sinar matahari secara berlebih akan menjadi kusam, kering, keriput, dan bahkan memicu terjadinya kanker kulit. Untuk menghindari hal tersebut, kita harus rutin menggunakan sunscreen saat di rumah maupun di luar rumah. 

Sunscreen dapat digunakan saat pagi, siang, dan sore hari. Sunscreen sendiri merupakan lotion atau cream yang berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari dan mencegah penuaan dini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan