Mohon tunggu...
Devi Meilana Trisnawati
Devi Meilana Trisnawati Mohon Tunggu... Pengajar - Seorang Ibu Rumah Tangga, Pengajar Paruh Waktu dan Blogger

Pengagum Berat Westlife. Menaruh cinta pada dunia Ekonomi.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Senandung Masa Kecil di Bulan Ramadan bersama Sakha

22 April 2021   21:38 Diperbarui: 22 April 2021   21:44 2015 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sakha Bersama Marshanda. Sumber: youtube.com/Bhanie Shu

Semarak datangnya bulan suci Ramadan ditandai dengan diputarnya lantunan musik religi yang diperdengarkan baik di televisi atau radio. Berbagai musik religi dari aliran klasik hingga modern, pop hingga rock serta nasyid ataupun grup band. Musisi-musisi tampak kompak memberikan karya-karya bernuansa Islami yang tidak hanya sekadar untuk menyambut bulan Ramadan, tetapi juga mengingatkan manusia kepada sang pencipta melalui petuah dari sebuah lirik.

Di era modern saat ini, kita disajikan lagu-lagu Ramadan mahakarya musisi muda-musisi nan segar, salah satunya Sabyan Gambus. Nama Sabyan Gambus melejit pertama kali melalui sebuah cover lagu Deen Assalam sekitar tahun 2018. Lagu tersebut sangat disukai oleh kalangan anak-anak, remaja pada umumnya hingga dewasa. Bahkan, di pusat perbelanjaanpun lagu-lagu dari Sabyan Gambus diperdengarkan, terlebih ketika menjelang Hari Raya Idul Fitri.  

Melihat kejayaan grup musik Sabyan Gambus, mengingatkan saya dengan grup vokal Sakha. Ya, ketika saya kecil, sekitar tahun 2000-an, grup vokal Sakha adalah icon Ramadan dengan lagu andalan Allah yang Kusayangi. Lagu itulah yang ayah saya putarkan di radio menjelang berbuka puasa tiba. Sampai-sampai, memori saya merekam kuat hingga saat ini, meskipun lagu itu jarang diputar kembali. Nasihat sederhana, lirik yang mudah dibaca dan lagu yang cerita membuat saya dapat menghafal lagu tersebut dengan cepat kala itu.

Menurut saya, lagu tersebut sangat pas diperkenalkan kepada anak-anak yang sedang mempelajari ilmu agama disamping ilmu akademik di sekolah. Melalui lagu-lagu sederhana yang ringkas dan mudah diingat, nasihat-nasihat yang disampaikan dapat mudah diserap dan diamalkan. Berikut penggalan lirik lagu dan tautan Allah yang Kusayangi dari grup vokal Sakha.

Allah yang kucintai

Allah yang kusayangi

Allah selalu kupuja selalu kupuji dan kutaati


Allah bukan manusia

Allah bukannya hewan

Allah bukannya patung

Bukannya gunung 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Lihat Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan