Mohon tunggu...
Devi KartikaPrameswari
Devi KartikaPrameswari Mohon Tunggu... instagram : @devikapram

Aquatic Product Technology Faculty Fisheries and Marine Science IPB University Traveller, Independent Hikers

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Pendakian Gunung Ciremai Via Apuy

28 Maret 2020   18:30 Diperbarui: 3 April 2020   11:40 47 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pendakian Gunung Ciremai Via Apuy
Dokumentasi saat di pos registrasi Note : (dimulai dari kiri foto) Kak Nisa, Devi, Bang Dani, Bang Ryan, Bang Paskal, Bang Gelen dan Opa (duduk dibawah) | dokpri

Hai sobat kompasiana... kali ini aku akan berbagi sedikit cerita tentang pendakian gunung tertinggi di Jawa Barat yang aku lakukan bersama beberapa orang rekan timku. Namaku Devi, aku seorang mahasiswi yang memiliki hobi naik gunung. Pendakian ini kami mulai dari Kota Hujan. 

Aku bersama beberapa rekan timku bertemu di Kota Bogor pada Jum'at malam (6/03/2020). Tim pendakianku kali ini berjumlah 7 orang yang terdiri dari 2 orang perempuan dan 5 orang laki-laki. Seorang perempuan rekanku ini bersama Kak Nisa, dia juga tinggal di Kota Hujan. Ke-lima laki-laki rekanku bernama Bang Gelen, Bang Dani, Opa, Bang Ryan dan Bang Paskal. 

Kami mulai perjalanan dari Bogor pukul 21.00 WIB menuju Basecamp Apuy di Majalengka. kami mengendarai sebuah mobil yang kami sewa sebagai transportasi pulang pergi untuk pendakian kali ini. Gerimis menyertai keberangkatan kami dari Kota Hujan. 

Perjalanan menuju Majalengka kami tempuh selama sekitar 5 jam dan kami sempat beristirahat di rest area untuk menyantap makan malam bersama. Pukul 02.00 WIB kami tiba di homestay dekat basecamp pendakian dan kami langsung tidur untuk mempersiapkan fisik sebelum pendakian pagi hari nanti. Oya.. pendakianku kali ini bukan open trip melainkan sharecost dengan seluruh rekan tim pendakianku.

Pagi hari aku bangun untuk melaksanakan ibadah sholat subuh. Udara di basecamp pendakian ini sejuk dan sangat nyaman. Setelah sholat subuh aku dan Kak Nisa menyantap gorengan dan teh panas yang disediakan oleh pemilik homestay tersebut. 

Pukul 7 pagi kami bersiap-siap untuk sarapan dengan memasak perbekalan terlebih dahulu sekaligus mempersiapkan bekal makanan untuk di camp area nanti. Kami sengaja memasak lauk-pauk di basecamp karena ada bagas (babi ganas) yang sering mendatangi tenda pendaki bila tercium bau makanan di camp area Gunung Ciremai ini. 

Setelah menu sarapan pagi siap kami langsung menyantapnya hingga habis. Setelah sarapan kami berkemas sekaligus pengecekan ulang peralatan yang akan kami bawa dalam pendakian. Pukul 8 pagi kami berangkat menuju pos registrasi dan tes kesehatan di Gunung Ciremai via Apuy. 

Perjalanan menuju pos registrasi kami tempuh menggunakan transportasi setempat yang telah kami sewa yakni berupa mobil pick up. Transportasi ini kami gunakan sebab jalan yang kami lalui cukup terjal dan menanjak sehingga beresiko tinggi kecelakaan apabila supir yang mengemudi belum tau medan terjalnya. Perjalanan menuju pos registrasi kami tempuh selama 1 jam. Tibanya di pos registrasi kami langsung melakukan tes kesehatan yaitu berupa pengecekan tensi darah, tinggi badan, berat badan dan pertanyaan seputar riwayat penyakit yang diderita. 

Semua anggota tim telah dicek kesehatannya dan kami segera bersiap untuk melakukan pendakian. Petugas Taman Nasional Gunung Ciremai menjelaskan peraturan dan memberikan himbauan sebelum pendakian dimulai. Setelah penyampaian himbauan kami langsung bergegas memulai pendakian Gunung Ciremai. Pendakian dimulai pukul 09.50 WIB.

Dokumentasi sesaat sebelum memulai pendakian | dokpri
Dokumentasi sesaat sebelum memulai pendakian | dokpri
Bismillah.. kami mulai pendakian Gunung Ciremai. Jalur Apuy merupakan jalur yang pendek bila dibandingkan dengan jalur lainnya. Jalur ini memiliki 6 pos hingga sampai ke puncak Gunung Ciremai. Pos tersebut adalah :

Pos 1 Arban

Pos 2 Tegal pasang

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN