Mohon tunggu...
Devi Ervika
Devi Ervika Mohon Tunggu... Lainnya - Long life hallucinations

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Kalau Ibuku Tidak Tahu Ada "Hari Ibu", Bagaimana?

23 Desember 2022   23:34 Diperbarui: 24 Desember 2022   00:32 176
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dokumentasi pribadi

Disebut sebagai Hari Ibu, 22 Desember menjadi momen istimewa antara ibu-anak setiap tahunnya, Pada tanggal ini, semua anak berkesempatan untuk menyampaikan rasa cintanya pada seorang ibu. Namun tentu saja, rasa cinta yang dimaksud juga harus diikuti dengan realisasi rasa terimakasih sepanjang tahun dan selamanya.

Hari Ibu sendiri ditetapkan sejak tahun 1938 pada Kongres Perempuan Indonesia yang ketiga. Kongres Perempuan Indonesia sendiri menjadi titik penting dari sejarah perjuangan Indonesia. Secara khusus adalah sejarah perjuangan wanita Indonesia.

Kongres ini ada karena disulut oleh semangat RA Kartini sebagai salah satu pelopor emansipasi wanita. Maka selain Hari Ibu, 22 Desember juga menjadi tonggak sejarah pergerakan perempuan Indonesia.

Bagaimana cara merayakan Hari Ibu berdasarkan sejarah tersebut?

Membicarakan soal perayaan Hari Ibu, saya pribadi sebenarnya tidak pernah secara langsung mengucapkan 'kata mutiara' pada hari ini. Bukan tidak mau, namun memang tidak tertanam kebiasaan ini di keluarga saya.

Namun tentu saja, saya tidak mengabaikan fakta bahwa Hari Ibu adalah hari yang istimewa. Maka pada tanggal ini, saya pulang kerumah dan menginap satu atau dua malam.

Pulang kerumah, menurut saya adalah ucapan 'Selamat Hari Ibu' terbaik yang bisa saya berikan. Dibandingkan dengan mengirim ucapan lewat telepon atau mengirim kado, datang langsung kesannya lebih real. Jadi tanpa diberi ucapanpun, pada hari tersebut ibu saya akan merasa senang karena anaknya berkunjung kerumah.

Bagi yang merayakan Hari Ibu dengan atribut-atribut kemeriahan, tentu juga tidak salah. Karena setiap orang punya cara sendiri untuk berterimakasih pada ibunya.

Ini alasan saya sangat berterima kasih kepada ibu...

"Every mother is a supermother"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun