Mohon tunggu...
Devi Ervika
Devi Ervika Mohon Tunggu... Lainnya - Long life hallucinations

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Reply 1988: Mengenang Kehangatan Ssangmundong Setelah 7 Tahun Berlalu

29 September 2022   19:42 Diperbarui: 29 September 2022   19:44 135 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
instagram.com/reply1988ph

Tayang pada tahun 2015, Reply menjadi salah satu drama slice of life yang menjadi masterpiece. Kesederhanaan cerita drama ini adalah sesuatu yang menciptakan rasa hangat saat menontonnya.

Latar utama dalam drama ini adalah Ssangmundong. Sebuah kompleks sederhana dengan 5 keluarga yang bersahabat dekat. Baik anak-anak maupun orang tuanya, mereka menjalin keakraban bertetangga yang hangat layaknya saudara.

1. Ssangmundong bukan sekedar tempat, namun sebuah perasaan

Jika dideskripsikan secara mendalam, Ssangmundong bukan hanya sebuah tempat. Ssangmundong adalah sebuah perasaan. Penonton bahkan bisa merasakan bahwa suasana Ssangmundong seperti rumah yang hangat. Juga perasaan memiliki dan penuh dengan nostalgia.

Dimulai dari cuplikan saat anak-anak masih kecil dan bertemu untuk pertama kalinya. Choi taek adalah anak yang terakhir datang dan langsung 'direkrut' untuk menjadi bagian dari anak-anak Ssangmundong.

Kemudian paling lama kisahnya berputar pada masa saat anak-anak remaja. Disini disajikan problematika yang sangat lengkap bagaimana mereka saling bertumbuh. Dengan bagaimana peran keluarga untuk masa remaja mereka.

Ada air mata, tawa, dan juga kebiasaan-kebiasaan yang memberikan sebuah rasa tersendiri untuk Ssangmundong. Moment saat para orang tua memanggil anak-anaknya untuk pulang kerumah dan makan. Kebiasaan sederhana yang sangat relate dengan kehidupan penonton.

2. Ragam keluarga dengan kehidupan bertetangganya yang penuh warna

Lima keluarga utama di Ssangmundong memiliki kisahnya sendiri. Yang mana setiap keluarga punya sisi bahagia dan sedih yang silih berganti mewarnai alur cerita.

Ada keluarga Deok sun dengan masalah ekonominya. Gaji ayah Deok sun digunakan untuk membayar hutang sehingga kebutuhan keluarga mereka bisa dibilang kurang. Ditambah lagi dengan fakta bahwa Deok sun kurang berprestasi dan sering diributkan.

Keluarga Jung pal dengan masalah hyungnya yang tak kunjung diterima di perguruan tinggi. Juga ibunya yang ingin memiliki anak perempuan. Secara materi mereka adalah keluarga terkaya di Ssangmundong.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan