Mohon tunggu...
Devia Tri Ariyani
Devia Tri Ariyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Language Education Major | Bendahara di Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pendidikan Bahasa | Anggota Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab | Penari di Sanggar Sultan Nata Sintang

I am a third year college student at Muhammadiyah University of Yogyakarta. Starting to look for roles in education, language, arts and culture.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Luar Biasa, Tingginya Antusiasme Peserta Lomba Muda Mendunia Festival di UMY

27 Juni 2022   17:42 Diperbarui: 27 Juni 2022   17:54 342 17 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Poster Perlombaan MMF 2022. PDD MMF 2022

Bantul  -  Dalam rangka membangkitkan semangat berbudaya kepada mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (BEM KM UMY) menyelenggarakan perlombaan di bidang seni budaya dan kewirausahaan yang bertajuk "Muda Mendunia Festival" dengan tema "Bangkitkan Semangat Kawula Muda Dalam Membumikan Budaya Nusantara". 

Perlombaan tersebut terbuka untuk seluruh mahasiswa se-Indonesia yang akan dilaksanakan secara online maupun offline. Tidak hanya mahasiswa, perlombaan di bidang budaya tersebut terbuka juga untuk masyarakat umum. Adapun terdapat lima bidang perlombaan yang akan di lombakan seperti; TikTok Challenge, Short Movie, Bussines Plan, Komik Strip dan Solo Vocal.

"Kegiatan ini merupakan ajang untuk mahasiswa unjuk diri dalam bidang budaya maupun kewirausahaan dalam bentuk perlombaan. Kegiatan ini memiliki lima perlombaan seperti Bussines Plan, Solo Vocal dan Short Movie yang diperuntukan untuk mahasiswa seluruh Indonesia. 

Sedangkan lomba Tiktok Challenge dan Komik Strip diperuntukan untuk masyarakat umum tanpa batasan usia." Jelas Nabilla Mulya selaku koordinator divisi perlombaan, pada Senin (20/06).

Sejak dibukanya pendaftaran perlombaan, antusias peserta untuk mengikuti lomba Muda Mendunia Festival di UMY sangat tinggi. Hal ini dapat dilihat dari jumlah peserta yang mengikuti perlombaan mencapai seratus pendaftar. Tingginya jumlah pendaftar tidak dapat dilepaskan dari berhasilnya strategi promosi yang dilakukan oleh pihak panitia.

"minggu pertama pembukaan lomba sempat sedih karena sepi pendaftar, tapi masuk minggu ke dua jumlah pendaftar sudah mulai meningkat. Kami memang gencar sekali mempromosikan kegiatan ini melalui media social seperti instagram, tiktok, dan twitter." Tambah Nabilla Mulya.

Strategi lain dalam meningkatkan jumlah peserta perlombaan untuk mengikuti lomba Muda Mendunia Festival adalah dengan mengundang grup band Vierratale sebagai guest star. Pelaksanaan konser tersebut direncanakan akan dilaksanakan saat malam puncak Muda Mendunia Festival. Pelaksanaan konser direncanakan akan dibuka secara umum dengan kapasitas tiga ribu lima ratus penonton.

"Pelaksanaan konser memang direncanakan akan dilaksanakan di malam puncak. Awalnya kami merencanakan peserta lomba untuk ikut membeli tiket apabila ingin menghadiri konser. Tapi, hasil perundingan kami dengan panitia lain memutuskan untuk menjadikan konser ini sebagai branding dengan tidak perlu membayar tiket dan sudah satu paket dengan pembayaran pendaftaran. Hal ini sebagai strategi agar meningkatkan minat peserta untuk mengikuti lomba." Fauzi Usman memperjelas selaku wakil kordinator.

Sampai berita ini ditulis, pelaksanaan perlombaan baru memasuki tahap penyisihan dengan bidang perlombaan bussines plan dan solo vocal yang akan selesai pada tanggal 26 Juni 2022 dan dilanjutkan dengan tahap pemilihan lima belas besar. Sedangkan tiga bidang perlombaan seperti Tiktok challenge, short movie dan komik strip memiliki mekanisme perlombaan tanpa babak penyisihan dan langsung memasuki tahap grand final pada 1 Juli 2022.

"Jadi perlombaan ini sudah dimulai serentak pada tanggal 6 Juni dengan lima bidang lomba sekaligus. Masing-masing lomba ini sudah ditentukan penanggung jawabnya, dan memiliki mekanisme perlombaan yang berbeda-beda. Terdapat dua bidang perlombaan yang harus memasuki tahapan penyisihan terlebih dahulu. Tapi ada tiga bidang perlombaan yang langsung memasuki tahap grand final." Nabilla Memperjelas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan