Mohon tunggu...
devi wahyuni
devi wahyuni Mohon Tunggu... Devi Wahyuning Andivia

Mahasiswi yang sedang memenuhi tugas

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Kampung Saungkuriang yang Asri

5 April 2020   17:12 Diperbarui: 5 April 2020   17:14 45 0 0 Mohon Tunggu...

Kampung Tematik merupakan program Pemerintah Kota Tangerang untuk Kota Layak Huni, dan Layak Dikunjungi. Serta mengangkat perekonomian masyarakat sekitarnya untuk aktif dan bisa mandiri  seperti mengadakan UMKM.


Salah satunya kampung saungkuriang ini yang berlokasi di Perumahan Poris Indah Rt. 08 Rw. 01, Kelurahan Cipondoh Indah. Kampung Saungkuriang ini tidak memiliki arti khusus namun nama ini tercetus karena kampung ini mempunyai ciri khas yaitu Saung dan kata Kuriang sendiri ditambah agar warga semangat untuk membangun kampung tematik ini.


Berbagai tanaman yang tumbuh di sekitar kampung  membuat asri lingkungan sekitar. Pukul 2 siang saya mengunjungi kampung saungkuriang ini, saya disambut dengan warga yang sedang bercengkrama dengan asik, lalu saya diantar untuk menemui Rositan.


Rositan (36) merupakan seksi penataan kampung saungkuriang, Rositan bercerita tentang dulunya kampung ini merupakan salah satu program dari pemerintah dan mengikuti lomba kampung tematik yang diselenggarakan oleh pemerintah Kota Tangerang, kampung sangkuriang mendapat juara 2. Setelah acara itu usai kampung saungkuriang ini berhenti berinovasi dan tidak ada lagi pergerakan dari warga untuk mengembangkannya lebih.


Kemudian Rositan mengajak kembali dan memberi semangat untuk warganya bergotong-royong mengembangkan lagi kampung saungkuriang, yang tadinya kampung saungkuriang ini dikenal dengan taman pensil untuk bermain anak-anak kini berubah menjadi destinasi yang asik dan menyuguhkan keindahan yang asri.


Rositan mengatakan bahwa awalnya  untuk mempercantik kampung saungkuriang murni sumbangsih dari warganya tidak ada dari pihak manapun yang membiayai kampungnya, warga secara swadaya memberikan material dan jasa yang dibutuhkan untuk membangun kampung tersebut.

dokpri
dokpri

" Inikan hampir semuanya dari barang bekas,yang diberikan oleh warga seperti," tutur Rositan

Mengajak warga untuk sadar terhadap lingkungan melalui pendekatan, komunikasi dan dapat menerima masukan dari setiap warganya, Rositan mengatakan membangun kampung tanpa wacana mengadakan gotong-royong secara spontan.

" Hari ini pembicaraan besoknya eksekusi langsung," ucap Rositan


Rositan berharap kampung sangkuriang agar bermanfaat untuk masyarakat, tidak merubah fungsinya sebagai lahan resapan, serta bisa menjadi zona hijau dan menjadi paru -- paru Cipondoh.  


Setelah selesai berbincang dengan Rositan, saya diajak berkeliling untuk melihat lebih dekat kampung saungkuriang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x