Mohon tunggu...
Desy Suryani
Desy Suryani Mohon Tunggu... Mahasiswa

Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Mahasiswa KKN UM Toyomarto Melakukan Pendampingan Packaging Home Industry Sandal

12 Juli 2019   04:00 Diperbarui: 12 Juli 2019   04:07 0 0 0 Mohon Tunggu...

PACKAGING. Malang, tepat tanggal 1 Juli 2019 kelompok mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang menjalankan salah satu program kerja PACKAGING (pengemasan sandal industri). PACKAGING merupakan nama program kerja yang bertujuan mengajarkan pengemasan sandal yang menarik dan inovatif kepada home industri  di desa Sumberawan-Toyomarto. 

Di Desa Sumberawan terdapat banyak homeindustry, tetapi hanya 2 homeindustry yang dijadikan contoh untuk melakukan program kerja PACKAGING, yaitu homeindustry Bravo Sandal dan Footage Sandal. 

Kegiatan ini diawali dari pemberian materi mengenai unsur-unsur yang ada dalam packaging, kemudian mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang memberikan contoh desain buatan sendiri serta melakukan pendampingan bagaimana cara packaging yang lebih baik. Setelah dilakukan pendampingan, pemilik homeindusry mempraktekkan langsung packaging nya.

Alasan mahasiswa KKN Univeritas Negeri Malang melakukan program kerja Packaging ini karena kurangnya pengetahuan pemilik homeindustry tentang pengemasan produk dan kurangnya motivasi untuk menjual produk yang dibuat sendiri sehingga produk tersebut didistributorkan kepada orang lain dan kemasannya mengikuti distributor. 

Kedatangan mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang dengan tujuan memberikan pendampingan packaging sangat disambut dengan hangat oleh pemilik homeindustry di Sumberawan. Kegiatan ini sangat didukung sekali oleh pemilik dan karyawan homeindustry yang ingin mendengarkan pelatihan packaging. Selain itu juga fasilitas homeindustry juga ikut mendukung terlaksananya kegiatan ini.

Setelah selesai nya kegiatan program kerja packaging, mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang ikut membantu Packaging (pengemasan) sandal yang siap dikirim ke distributor. Pemberian design packaging memudahkan pemilik homeindusty untuk memiliki design pengemasannya sendiri sekaligus kenang-kenangan Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang pada kegiatan PACKAGING. Mereka juga memberikan beberapa sembako untuk pemilik homeindustry.