Mohon tunggu...
Desny Zacharias Rahardjo
Desny Zacharias Rahardjo Mohon Tunggu... Co-Founder of Membangun Positivity

Berkat penelitian neuroscience, kita sekarang dapat memaksimalkan fungsi otak hanya dalam hitungan hari.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Memperkuat Sistem Imun dengan Meditasi, Cara Neuroscience Melawan Covid-19

6 Maret 2020   22:15 Diperbarui: 6 Maret 2020   22:16 258 2 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memperkuat Sistem Imun dengan Meditasi, Cara Neuroscience Melawan Covid-19
source: https://www.cdc.gov/

Seluruh dunia sedang dibuat panik oleh wabah virus corona, yang sudah diberi nama resmi oleh WHO, Corona Virus Disease 2019, atau COVID 19. Virus yang penyebarannya luar biasa cepat yang dalam waktu singkat dapat ditemukan di berbagai belahan dunia (terakhir saya intip di website CDC, per 3 Maret 2020 sudah 77 negara yang melaporkan kasus positif COVID 19, termasuk Indonesia).

Segera informasi mengenai bagaimana virus ini meyebar, gejala penderitanya, bagaimana treatmentnya, bagaimana mencegahnya disebarluaskan melalui media massa. Semuanya bertujuan agar masyarakat tidak panik dan tahu apa yang harus dilakukan. 

WHO meyakinkan bahwa walaupun penyebarannya cepat sekali dan jumlah penderitanya terus bertambah, tapi resiko kematiannya tidaklah sebesar virus2 yang pernah mewabah sebelumnya. Pemerintah meyakinkan tidak perlu panik dan bahwa mereka sudah siap menanganinya.

Ketika berbicara tentang menghindari terpapar penyakit, tentunya terkait dengan meningkatkan kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh itu adalah sIstem pertahanan kita, angkatan bersenjatanya tubuh kita yang bertugas untuk melindungi kita dari penjajah asing seperti virus atau bakteri.

Apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh atau immune system di tubuh kita:

1. Yang standard: makan yang benar, mengkonsumsi vitamin, olah raga, tidur yang cukup.
2. Kurangi dan hindari stres, karena sistem kekebalan tubuh mudah terganggu ketika hormon stres melonjak.
3. Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik terutama setelah pergi ke kamar mandi, sebelum makan, setelah menyeka hidung, batuk, atau bersin. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan berbasis alkohol yg mengandung setidaknya 60% alkohol.

Lalu apa lagi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh bila rutin dilakukan? MEDITASI. Iya, meditasi.

Pada orang yang bermeditasi, scan MRI pada otak mereka menunjukkan peningkatan aktivitas di area yang mengontrol metabolisme dan detak jantung. 

Respons relaksasi dari meditasi membantu memperbaiki metabolisme, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan detak jantung serta gelombang otak.

Meditasi menyeimbangkan sistem tubuh. Body, mind and soul menjadi lebih baik dengan melakukan meditasi teratur.

Meditasi meningkatkan antibodi. Membantu menangkal penyakit dan infeksi. Sebuah studi (Alterations in brain and immune function produced by midfulness meditation - Davidson, RJ1, Kabat-Zinn J. Schumacher J. Rosenkranz M, Muller D, Santorelli SF, Urbanowski F, Harrington A, Sheridan JF)  mengkonfirmasi bahwa, setelah diberikan pelatihan meditasi selama 8 minggu, 48 pekerja biotech memiliki tingkat antibodi yang secara signifikan lebih tinggi daripada rekan kerja yang tidak bermeditasi, serta tingkat yang lebih tinggi daripada sebelum penelitian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x