Mohon tunggu...
Desi Wastuti
Desi Wastuti Mohon Tunggu... Tenaga pendidik yang senang belajar menulis | @mama_desi | FB : Desi Mamaci

Menulis dan membaca untuk berinteraksi dengan dunia

Selanjutnya

Tutup

Digital

Meski dalam Masa Pandemi Covid-19, Acara Rapat atau Pertemuan Besar Tetap Berjalan

8 Juni 2020   08:22 Diperbarui: 8 Juni 2020   08:30 117 11 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Meski dalam Masa Pandemi Covid-19, Acara Rapat atau Pertemuan Besar Tetap Berjalan
sumber gambar: Dokumen pribadi

Era modern seperti sekarang, tidak perlu khawatir soal kegiatan  yang melibatkan komunikasi dengan banyak orang, misalnya untuk kegiatan rapat kantor, acara kelulusan siswa, pertemuan anggota, dan bahkan pertemuan tugas kenegaraan. 

Seiring berkembangnya tehnologi digital, semakin banyak yang bermunculan aplikasi-aplikasi modern sebagai sarana komunikasi, seperti aplikasi zoom cloud meetings, zoomtopia, go to meeting, cisco webex meeting, star meeting, go to webinar, dan sebagainya.

Saat ini sudah banyak yang menggunakannya. Seperti di lingkungan saya sendiri, tempat saya bekerja. Kemarin pada hari Rabu, tanggal 3 Juni 2020 sekolah kami mengikuti acara Halal Bi Halal menggunakan sistem jarak jauh dengan zoom meeting.

Sebenarnya ini pengalaman baru bagi saya yang masih gagap dengan tehnologi. Namun, dengan begitu saya pun bisa banyak mengambil manfaatnya. Salah satunya adalah bahwa saya sebagai tenaga pendidik harus mampu mengikuti perkembangan jaman.

Dari sini, betapa kita harus bersyukur. Sekarang tidak perlu repot ketika ingin membeli sesuatu, karena sudah ada aplikasi untuk transaksi pembelian, mau bepergian sudah ada transportasi yang bisa dipesan secara online, atau mau transfer uang sudah ada aplikasinya tersendiri, serta banyak lagi aplikasi yang bisa memudahkan segala aktivitas kita sehari-hari.

Hingga detik ini, saya melihat di portal Kementrian Kesehatan RI bahwa korban terinfeksi virus Corona sudah hampir mencapai 32.000 orang, yang dapat sembuh kurang dari 11.000 orang, dan yang telah meninggal sekitar 1.851 orang. Berarti yang masih terinfeksi adalah sekitar 19.000 orang. Sungguh angka yang memprihatinkan.

Namun saya heran, di lingkungan kota tempat saya tinggal, sudah banyak orang beraktivitas di luar dengan normal tanpa memperhatikan protokol kesehatan sesuai anjuran, seperti jalan raya yang sudah ramai, pasar yang telah aktif kembali dengan rutinitas pedagang dan pembelinya, mereka pun banyak yang tidak mengenakan masker sebagai salah satu sarana pencegahan terjangkitnya virus. Entahlah, mungkin karena kurangnya pemahaman mereka terkait situasi dan kondisi pandemi seperti ini.

Bagi masyarakat atau orang-orang yang memahami arti pentingnya protokol kesehatan, baik social distancing maupun physical distancing, pasti akan melakukan berbagai upaya pencegahan dari terjangkitnya covid-19 ini. Salah satunya mengenai tata cara berkomunikasi dengan khalayak ramai secara aman, nyaman, tepat sasaran, dan mencapai tujuan.

Solusinya adalah dengan menggunakan aplikasi-aplikasi seperti yang disebutkan di atas. Aplikasi tersebut dapat di download melalui google play store, dengan menggunakan media komputer, laptop, smart phone, dan juga handphone (android). Tentu caranya dibuat sangat mudah, sudah banyak artikel-artikel yang mengulas mengenai berbagai cara mendownload dan cara menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut. 

Jadi, meskipun sedang tidak boleh bertatap muka secara bergerombol saat new normal ini, tapi acara-acara rapat besar atau pertemuan-pertemuan penting yang melibatkan banyak orang harus tetap berjalan lancar dong.

VIDEO PILIHAN