Mohon tunggu...
Desi Asmarianti
Desi Asmarianti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Pendidikan Sejarah FKIP-UNRI

Tetaplah Bersyukur

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Destinasi Wisata Baru di Desa Kelayang, Kecamatan Rakit Kulim, Kabupaten Indragiri Hulu

28 September 2021   17:24 Diperbarui: 28 September 2021   17:42 39 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Destinasi Wisata Baru di Desa Kelayang, Kecamatan Rakit Kulim, Kabupaten Indragiri Hulu
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Waduk Maliki atau Bendungan Kelayang sapaan akrab masyarakat setempat merupakan wisata baru yang masih hangat diperbincangankan karena keindahan alamnya yang masih sangat asri. Waduk Maliki ini terletak di Desa Kelayang Kecamatan Rakit Kulim Kabupaten Indragiri Hulu.

Waduk Maliki merupakan daerah irigasi yang sudah dibangun sejak tahun 1992 dan kembali dilanjutkan pada tahun 2005, memiliki luas yang dialiri : Luas Potensial ( 3.020 Ha), Luas Fungsional (1.450 Ha) serta Panjang saluran : Primer ( 8.500 Meter), Sekunder (18.160 Meter).Fungsi waduk Maliki ini ialah untuk mengaliri sawah sawah milik warga setempat.

Setelah lama dibangun waduk Maliki kembali diperindah sejak tahun 2019 Sampai awal tahun 2021 dan sudah dibuka untuk umum. Wisata ini sejak dibuka tidak pernah sepi pengunjung terutama saat hari libur tiba. Para pengunjung biasanya datang untuk bermain air, berfoto Selfi, Piknik keluarga, bahkan ada yang pernah berkemah.

Waduk Maliki memiliki aliran air menyerupai air terjun yang dijadikan tempat pemandian bagi para pengunjung. Tak hanya itu para pengelola juga sudah menyediakan beberapa Pendopo yang bisa digunakan pengunjung untuk beristirahat, WC umum, taman bunga untuk berfoto selfi, bahkan sebuah mushola untuk sholat dan jembatan gantung untuk berswafoto.

Nama : Desi Asmarianti

Prodi  : Pendidikan sejarah FKIP-UNRI

Dosen Pengampu : Yuliantoro, M.Pd 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan