Mohon tunggu...
Desi Arisandi
Desi Arisandi Mohon Tunggu... Lainnya - Desi Arisandi

Ada

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Pengalaman Mengikuti Pemilu di Tahun 2019

30 Oktober 2020   14:45 Diperbarui: 30 Oktober 2020   14:59 758
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

DESI ARISANDI

171011500039

DOSEN : Amelia Haryanti S.H.,MH

Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan

Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan

Universitas Pamulang

   Pemilu merupakan salah satu pilar utama sebagai akumulasi dari kehendak rakyat sekaligus untuk memilih calon pemimpin dimasa depan. Indonesia termasuk negara demokrasi dengan dari, oleh dan untuk rakyat sebagai sistem pemerintahnya.

   Kebanyakan negara demokrasi mengadakan pemilihan umum atau pemilu. Pemilu ini disebut sebagai lambang dan menjadi patokan menggunakan sistem demokrasi, hal inilah sebagai wujud untuk memberikan kesempatan kepada rakyat sebagai pemegang kekuasaan tertinggi, kemudian hasil perhitungannya diselenggrakan dengan keterbukaan dan kebebasan untuk berpendapat berdasarkan demokrasi pancasila dalam memilih presiden, kepala daerah, anggota legislatif dan lainnya.

   Negara Indonesia menganut sistem demokrasi dengan pemilihan umum langsung yang merupakan jalan terbaik dan bijaksana dalam memilih perwakilan untuk mengisi bangku pemerintahan. Sistem yang diterapkan ini masuk ke dalam nilai-nilai pancasila yaitu berdasarkan kepada sila ke-4 pancasila yang berisi ikut serta dalam kegiatan pemerintahan. Dalam pelaksanaan pemilihan umum dilakukan dan diawasi oleh komisi pemilihan umum (KPU) yang merupakan lembaga independen mulai dari seleksi, persiapan sampai pelaksanaannya.

   Perkenalkan nama saya Desi Arisandi, tepat 3 tahun lalu saya ikut serta dalam pemilu serentak di seluruh Indonesia untuk memilih presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kota/Kabupaten. Pemilu tahun 2019 adalah pemilu pertama yang saya ikuti saat saya duduk dibangku perkuliahan di semester 4, yah .. sudah 2 tahun jadi mahasiswa aktif Hehee ..

   Pemilihan umum serentak saya ikuti di daerah tempat saya tinggal tepatnya di Ciledug, Kota Tangerang . pengalaman pertama dan pastinya berharga dimana saya mulai menggunakan hak suara saya untuk memilih pemimpin untuk 5 tahun ke depan. Sebagai warga negara yang baik saya menggunakan hak suara saya dan belajar menjadi mahasiswa yang ikut serta dalam pembangunan negara Indonesia serta tidak golput.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun