Mohon tunggu...
KKN Desa Tingal 2021
KKN Desa Tingal 2021 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Author

Seputar Kuliah Kerja Nyata

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Peduli Literasi Anak, Mahasiswa KKN UM Desa Tingal Donasikan Sejumlah Buku Pelajaran dan Bacaan

20 Juli 2021   19:30 Diperbarui: 20 Juli 2021   19:36 82 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Di era pandemi ini, banyak anak  yang melakukan pembelajaran daring. Pembelajaran daring yang dilakukan di rumah membuat banyak siswa bergantung dengan gadget, dan secara perlahan mulai meninggalkan membaca buku. Untuk menunjukkan kepedulian akan pentungnya literasi anak pada buku, KKN UM Desa Tingal menggalangkan program donasi buku untuk anak-anak SD yang berada  di Desa Tingal.

Program ini dilakukan dengan meyebarkan pamflet "open donasi buku" yang di buka pada tanggal 16 Juni hingga 10 Juli 2021. Penyebaran pamphlet dilakukan oleh setiap anggota dari KKN UM Desa Tingal. Pendonasi dapat mendonasikan buku pelajaran, novel, komik atau beberapa buku bekas yang layak baca. Tidak hanya itu pendonasi dapat mendonasikan sejumlah uang yang dapat dikirimkan melalu rekening penanggung jawab program.

Selama rentang waktu tersebut, buku layak baca yang berhasil dikumpulkan mencapai 54 buku dengan kondisi yang cukup baik. Buku-buku tersebut banyak terdiri dari buku pelajaran, buku novel, komik dan juga beberapa iqro dan juz'ama. Tidak hanya itu, KKN UM Desa TIngal mendapat sejumlah Al-Qur'an untuk di donasikan. Sejumlah  donasi uang dibelikan Al-Qur'an untuk diberikan kebeberapa masjid di Desa Tingal, Buku-buku yang telah terkumpul selanjutnya dipilah dan dilakukan penyampulan ulang agar lebih rapi.

Donasi buku Layak baca di SDN Tingal 1
Donasi buku Layak baca di SDN Tingal 1

Buku-Buku yang telah terkumpul selanjutnya akan di donasikan ke SDN Tingal 1. Dimana di SD ini memiliki sumber bacaan yang sangat terbatas. Salah satu guru di Sd tersebut mengaku bahwa banyak buku di SD yang sudah mengalami kerusakan dan tidak dikembalikan oleh siswa. Serta perpustakaan di SD ini tidak memiliki  banyak buku bacaan. Penyerahan donasi  buku dilakukan pada Rabu, 21 juli 2021.

"Semoga buku-buku ini dapat bermanfaat bagi anak-anak di sekitar desa Tingal serta dapat meningkatkan minat mereka dalam membaca buku" tutur Kepala Sekolah SDN Tingal 1.

Donasi Al-Quran di sejumlah masjid Desa Tingal
Donasi Al-Quran di sejumlah masjid Desa Tingal

Tidak hanya melakukan penyerahan donasi di SDN Tingal 1, KKN UM Desa Tingal juga menyerahkan sejumlah Al-Quran di masjid-masjid di desa Tingal. Penyerahan Al-qur'an ini dilakukan melalui takmir masjid. Dengan diadakan penyerahan Al- Qur;an ini diharapkan dapat membantu anak-anak ataupun orang tua di Desa Tingal dalam kegiatan keagamaan.

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan