Mohon tunggu...
Dere Linggau
Dere Linggau Mohon Tunggu... Kita itu bersaudara, jika bukan saudara seiman, kita saudara setanah air, Jika tidak setidaknya kita mempunyai hobi yang sama

Hobi nulis, masak, nonton, makan dan nungguin kamu datang kerumah...

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Wajah Datar Tanpa Ekspresi

23 Oktober 2020   16:03 Diperbarui: 23 Oktober 2020   16:08 69 10 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wajah Datar Tanpa Ekspresi
Sumber: Flickr.com

Poker face (muka datar tanpa ekspresi)

Pertama kali tahu istilah ini dari nonton film kartun Jepang sih detektif pencuri yaitu Kaito Kid

Istilah poker face diambil saat seseorang bermain poker, (kalau lagi main layangan maka namanya mungkin jadi kite face, hahaha)

Wajah tanpa ekspresi adalah strategi agar kartu kita tidak terbaca lawan apakah kita mendapati kartu bagus atau jelek...

Wajah poker akan membuat lawan kesulitan untuk menebak dan menyusun strategi permainan, karena wajah poker yang dipakai menyebabkan pemain tidak menunjukkan gejala atau indikasi apapun selama permainan.

Di kehidupan sehari-hari poker face sering kali berguna karena itulah saya sering melatih wajah saya tanpa ekspresi...

Bergunanya kapan? Kapan saja di saat kamu memerlukannya, di saat kamu tidak ingin lawan main bicara mu mengetahui emosimu yang sebenarnya.

Memakai wajah poker, merupakan salah satu trik psikologi untuk mengendalikan diri agar tetap dapat berpikir jernih di tengah persoalan yang sedang dihadapi.

Sewaktu masih menjadi mahasiswa di semester akhir, saat itu ada mata kuliah wajib yaitu menjadi guru PPL (program pengalaman lapangan) yang mana harus menjadi guru magang disekolah sungguhan dan mengajar selama tiga bulan.

Selama mengajar siswa SMP ada beberapa siswa yang sok pintar yang sering saya temui ingin mengetes ilmu, mereka banyak bertanya di luar materi dan disinilah poker face berguna...

Karena belum berpengalaman, biasanya materi yang dipersiapkan adalah materi yang akan diajarkan esok (sistem kebut semalam, besok presentasi, materi dipelajari malam harinya)

Biasanya trik kami guru PPL saat itu jika ada siswa seperti tadi adalah, pertama dengan memasang wajah poker face (biar tidak ketahuan kalau lagi panik dan kurang siap)

Harus tetap tenang tidak tegang

Lalu setelah itu melempar kembali pertanyaan ke siswa lainnya, ketiga jika tidak ada yang bisa menjawab maka di jadikan tugas tambahan alias PR (biar mereka ikut  merasakan susahnya menjawab... Hahaha sepertinya ada yang salah)

Atau ketika lagi diputuskan mantan pacar disaat lagi sayang-sayangnya, poker face sangat begitu berguna agar kita tetap terlihat cool dan tangguh tak terkalahkan biar sih dia merasa menyesal memutuskan kita padahal saat dirumah sebelum tidur, bantal sudah basah karena air mata yang banjir.


Zaman semakin berkembang pekerjaan pun ikut berkembang, jika  dulu belum ada pekerjaan spesialis pembaca wajah maka sekarang pekerjaan ini sangat berguna dibeberapa bidang tertentu seperti dipersidangan untuk mengetahui apakah terdakwa/saksi/korban dan lain-lain berbohong atau berkata jujur

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x