Mengenalkan Tuhan
Dalam mengembangkan nilai agama dan moral melalui metode esensi pembinaan prilaku pada anak yaitu anak telah dibiasakan untuk mengenalkan tuhannya yaitu anak diajarkan untuk mengenal ciptaan Allah, sehingga anak dapat mengetahui siapa yang menciptakan langit dan bumi. Guru melakukan bentuk pengembanga pengenalan ciptaan tuhan, seperti manusia siapa yang menciptakan, hewan, tumbuh-tumbuhan dan lain-lain Sehingga anak di biasakan dengan prilaku pembinaan sampai anak benar-benar mengerti  tentang bagai nama kegidupan yaitu melakukan suruhan Allah dan menjauhi larangan Allah. Berdasarkan hasil wawancara peneliti tentang kajian implementasi nilai agama dan moral anak di Taman Kanak-kanak Laboratorum Pembangunan UNP yaitu khususnya dalam menganalkan Tuhan. Wawancara dilakukan dengan Ibu AR yaitu "cara atau penerapan kami tentang bagaimana pengenalan tuhan pada anak yaitu dengan memberikan komunikasi kepada anak bahwa Tuhan itu benar-benar ada, semua seisi bumi dan langit adalah ciptaan Allah. Bahkan manusia, hewan dan tumbuhan adalah ciptaan Allah dan kita sebagai manusia wajib melaksanakan perintah dan menjauhi yang dilarang Allah" Melakukan bentuk-bentuk pengenalan tuhan kepada anak yaitu anak mampu mengingat beberapa kisah-kisah nabi dan rasul serta tugas malaikat Allah dan nama-nama rasul Allah dan tugas malaikat. Jadi dengan pengenalan tersebut anakdapat terbiasa dengan ajaran-ajaran Allah dengan begitu anak selalu mengenal siapa yang menciptakan dirinya sendiri dan mengerti ciptaan-ciptaan tuhan.
Mengenalkan Ibadah Kepada Allah.
Dalam mengembangkan nilai agama dan moral melalui metode esensi prilaku yaituguru memberikan komunikasi kepada anak, memberikan arahan kepada tentang ibadah,sehingga anak menjadi teribiasa untuk beribadah. Contohnya sholat, sedekah dan lain-lain Sebagainya.
Guru mengenalkan ibadah kepada anak dengan menyembah Allah serta menyeru untuk senantiasa mengingat Allah. Dengan begitu anak menyembah kepada sang pencipta dirinya sendiri dan seluruh seisi bumi. Kemudian mengajarkan anak membaca Iqro' dan menjelaskan kepada anak agar kelak dapat membaca Al-qur'an karana Al-qur'an adalah petunjuk bagi umat manusia. Berdasarkan hasil wawancara peneliti tentang kajian implementasi nilai agama danmoral anak di Taman Kanak-kanak Laboratorum Pembangunan UNP yaitu khususnya dalammenganalkan ibadah kepada Allah. Wawancara dilakukan dengan Ibu AR yaitu "melakukan
praktek sholat berjamaan sebagai kewajiban kita sebagi makhluk ciptaan tuhan. Anak-anak diajarkan dalam melakukan sholat, gerakan sholat serta bacaan dalam sholat. Tata cara berwudu' dan tata cara adzan. Anak dilibatkan dalam pengajaran praktek sholat. Setelah itu diajarkan juga membaca iqro'. "Senada dengan temuan ini Wahyuni & Purnama (2020) menggunakan kisah qur'anidalam mengenalkan perbadatan dan karakter anak yaitu; mengenal agama yang diagama mengerjakan ibadah, berperilaku jujur, penolong, hormat, sportif, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, mengetahui hari besar agama, menghormati(toleransi)
Mananamkan akhlak yang baik
Dalam pengembangan nilai agama dan moral melalui metode esensi prilaku yaitu menanamkan akhlak yang baik, memberikan contoh teladan kepada anak agar anak dapat meniru prilaku baik dari gurunya sendiri sehingga anak dapat bertata moral yang baik.Berdasarkan hasil wawancara peneliti tentang kajian implementasi nilai agama dan moral anak di Taman Kanak-kanak Laboratorum Pembangunan UNP yaitu khususnya dalam menanamkan akhlak baik. Wawancara dilakukan dengan Ibu AR yaitu "dalam menanamkan akhlah kepada anak tentu guru terlebih dahulu memberikan contoh kepada anak Karen pada dasarnya guru adalah sebegai teladan bagi anak. Kemudian anak diberikan pembeiasaan untuk berprilaku baik seperti tolong menolong, menolong teman yang sedang kesusahan dan dalam pembelajaran anak diajarkan berbagi dengan teman, seperti berbagi mainan dan makanan. "Menanamkan prilaku akhlak yang baik kepada anak yaitu dengan mengompakkan anak sehingga anak mampu bekerja sama dan tolong menolong antar sesama teman. Dan menjelaskan kepada anaka saling menghormati antar sesama ciptaan Allah seperti menyayangi binang dan menjaga tumbuhan dan tidak merusaknya. Sehingga dengan begitu memberikan pemahaman kepada anak sehingga anak dapat membedakan yang baik dan yang buruk.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI