Wisata

3 Objek Wisata di Kecamatan Mangkutana

14 September 2017   20:11 Diperbarui: 14 September 2017   20:17 1059 0 0
3 Objek Wisata di Kecamatan Mangkutana
uelanti (sumber: Pojok Sulsel, Pojok Satu)

Secara Astronomis kecamatan Mangkutana terletak di 2 07' 30" - 2 28' 30"Lintang Selatan dan 120 31' 30" - 120 52' 30" Bujur Timur. Dan barada di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. sekitar 65 km dari ibu kota kabupaten Luwu Timur, Malili.

 Kecamatan yang terletak di sebelah barat ibu kota Kabupaten Luwu Timur ini berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Tengah di sebelah utara. dengan luas wilayah 1.300,96 km2 maka tak heran wilayah ini menyimpan berbagai objek wisata alam yang indah.

kecamatan Mangkutana memiliki 11 desa definitif yaitu Balai Kembang, Kasintuwu, Maleku, Manggala, Margolembo, Panca Karsa, Teromu, Sindu Agung, Koroncia, Wonorejo dan Wonorejo Timur.

Kecamatan ini juga memiliki beberapa objek wisata masyarakat yang cukup menarik perhatian untuk dikunjungi. Mari kita lihat..

1.    Wisata air Uelanti

 Terletak di desa Kasintuwu objek wisata ini berasal dari Sungai Uelanti yang berhulu di kaki gunung Towingkeli dan bermuara di sungai Kalaena. tempat ini cocok untuk dikunjungi sembari melepas penat atau rekreasi bersama keluarga dan sahabat.

Di wisata air Uelanti juga tersedia pondok dan ban yang bisa disewa.Untuk ban anda cukup merogoh koceh 5 ribu sampai 20 ribu rupiah sedangkan untuk menyewa pondok sekitar 100 ribu rupiah. Aksesnya pun mudah karena bisa di jangkau oleh kendaraan roda dua dan empat.

2.    Batu Papan

Batu Papan (sumber: tribuntimur)
Batu Papan (sumber: tribuntimur)

Batu Papan, Wisata satu ini tidak kalah indah dengan Uelanti, Wisata alam ini di aliri oleh sungai Tomoni dan terletak di desa Balai Kembang anda bisa mengendarai motor untuk sampai ke tempat ini. Objek ini menyajikan pemandangan air sungai yang jernih dan terdapat sedimen batu batuan hijau dipinggiran sungai sehingga menjadikannya menarik ditambah sejuknya pohon pohon di pinggir sungai yang memanjakan mata.

3.    Air terjun weralande

Air terjun Weralande dengan ketinggian jatuh 11 meter adalah air terjun yang berada di kawasan hutan lindung sehingga nuansa alamnya begitu kental dan berada diatas gunung dengan ketinggian + 1200 mdpl. Namun untuk dapat merasakan kesejukan air terjun ini anda perlu berjalan kaki dari tempat penitipan kendaraan karena aksesnya cukup sulit namun semua itu terbayar dengan sajian pemandangan flora dan fauna di sepanjang perjalanan hingga anda sampai di air terjun Weralande.  

Bagamana.? menarik bukan.?

Masih banyak lagi objek wisata di daerah Mangkutana yang menarik untuk dikunjungi namun masih sulit untuk di jangkau oleh kendaraan, karenanya ini menjadi tugas kita bersama agar kita lebih memperhatikan dan menjaga alam untuk kebaikan kita  bersama. Sekian dari saya bila ada kata saya yang mungkin menyinggung mohon dimaafkan terima kasih..