Mohon tunggu...
Deny Ardi
Deny Ardi Mohon Tunggu... Apoteker - Apoteker

Hai! Aku apt.Deny, seorang apoteker yang suka nge-skincare, atur keuangan, dan nulis-nulis random. Di sini, aku mau ngobrolin tentang tips skincare, cara nabung dan investasi, dan cerita-cerita seru lainnya. Aku harap tulisan aku bisa membantu kamu buat hidup lebih sehat, bahagia, dan sejahtera. Aku suka banget belajar hal-hal baru, jadi jangan ragu buat ngobrolin apa aja sama aku. Aku siap bantu kamu dengan pengetahuan dan kemampuan aku!

Selanjutnya

Tutup

Financial

Nabung Dikit Cuan Gede? Saham Jawabannya!

17 Mei 2024   12:46 Diperbarui: 17 Mei 2024   12:54 36
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Saham itu kayak nabung bareng-bareng, tapi cuannya lebih banyak! Kenapa? Soalnya kamu dapet cuan dari kenaikan harga saham (capital gain) dan juga dari dividen. Dividen itu lho, keuntungan perusahaan yang dibagikan ke pemilik sahamnya.

Gimana sih caranya pilih saham yang rajin bagi dividen?

  • Lihat sejarah bagi dividennya. Cari yang rutin bagi dividen.
  • Pakai aplikasi investasi. Ada fitur buat liat sejarah dan jadwal dividen.
  • Contohnya Bukit Asam (PTBA) dan Bank BCA (BBCA). Dividennya konsisten!

Modal berapa sih biar bisa hidup dari dividen saham?

Tergantung gaya hidupmu dan besaran dividennya. Tapi, modalnya bisa gede lho!

Dividen gak cuma dari kenaikan harga saham lho!

Harga saham juga bisa naik, kayak Bank BCA (BBCA) yang naik rata-rata 17% per tahun dalam 10 tahun terakhir.


Tapi, ada risikonya juga lho!

Dividen gak selalu pasti dan harga saham bisa turun.

Tapi tenang, ada caranya buat kurangi risikonya!

  • Beli saham dari berbagai perusahaan.
  • Pilih saham perusahaan yang stabil.
  • Investasi jangka panjang.

Keuntungan jangka panjangnya apa?

  • Dapat cuan pasif dari dividen.
  • Nilai investasi kamu bisa terus tumbuh.

Yuk, mulai investasi saham dan wujudkan mimpi finansialmu!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun