Mohon tunggu...
Deny Ardi
Deny Ardi Mohon Tunggu... Apoteker - Apoteker

Hai! Aku apt.Deny, seorang apoteker yang suka nge-skincare, atur keuangan, dan nulis-nulis random. Di sini, aku mau ngobrolin tentang tips skincare, cara nabung dan investasi, dan cerita-cerita seru lainnya. Aku harap tulisan aku bisa membantu kamu buat hidup lebih sehat, bahagia, dan sejahtera. Aku suka banget belajar hal-hal baru, jadi jangan ragu buat ngobrolin apa aja sama aku. Aku siap bantu kamu dengan pengetahuan dan kemampuan aku!

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Atur UMRmu, Yuk Bisa Kaya! Pengalaman Youtuber Gaji UMR Bangun Kekayaan

16 Mei 2024   09:30 Diperbarui: 16 Mei 2024   09:39 52
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Hai guys! Kali ini gue mau cerita nih tentang gimana caranya mengatur gaji UMR dengan bijak. Gue tau, hidup di Jakarta dengan gaji UMR itu bisa beeeh susah. Tapi tenang, gue di sini mau bagiin tips dari pengalaman pribadi gue, gimana caranya membangun kekayaan dari gaji yang terbatas.

Dulu, pas awal-awal gue nge-YouTube, gaji gue cuma UMR Jakarta. Rasanya kayak pas-pasan banget. Tapi, gue ga mau nyerah gitu aja. Gue pengen buktiin kalo dengan strategi yang tepat, kita bisa lho kaya walaupun gaji kecil.

Rahasia Gue Keluar dari Jeratan UMR

Pertama, gue pelajari gimana caranya ngatur uang. Gue bagi gaji gue jadi tiga bagian: setengah buat kebutuhan pokok, tiga puluh persen buat jajan dan jalan-jalan, dan dua puluh persen buat nabung dan investasi. Tapi, inget ya, ini cuma contoh. Kalian boleh atur sendiri sesuai kebutuhan dan keinginan.

Yang penting, catat semua pengeluaran dan pemasukan kalian. Biar tau kemana aja uang kalian pergi. Terus, biasakan hidup hemat dan sederhana. Fokus aja ke kebutuhan yang penting-penting.

Kedua, gue siapin dana darurat dan asuransi. Dana darurat ini penting banget buat jaga-jaga kalo ada kebutuhan mendadak. Terus, asuransi kesehatan juga penting biar ga panik kalo sakit.


Ketiga, gue mulai investasi. Gue mulai dari yang kecil-kecil aja, kayak reksadana. Tapi, gue juga investasidalam diri sendiri. Gue ikutan kelas-kelas online buat nambahin skill dan pengetahuan.

Tips Buat Kalian yang Berpenghasilan UMR

  • Catat pengeluaran dan pemasukan. Ini kunci utama buat ngatur keuangan.
  • Hidup hemat dan sederhana. Fokus ke kebutuhan, bukan keinginan.
  • Siapin dana darurat dan asuransi. Jaga-jaga kalo ada apa-apa.
  • Investasi. Mulai dari yang kecil, tapi rutin.
  • Investasi dalam diri sendiri. Tingkatkan skill dan pengetahuanmu.
  • Cari cara buat nambahin penghasilan. Bisa dengan kerja sampingan atau bisnis kecil-kecilan.

Inget, guys, yang terpenting adalah disiplin. Atur keuanganmu dengan bijak, dan jangan gampang tergoda buat boros. Percayalah, dengan usaha dan ketekunan, kalian pasti bisa mencapai tujuan keuangan kalian.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun