Mohon tunggu...
Denta chandra
Denta chandra Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa

Hobi olahraga

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pendidikan Agama Islam: Ibadah, Muamalah, Pengembangan Sosial Masyarakat, Politik, dan Ekonomi

12 Januari 2024   19:36 Diperbarui: 12 Januari 2024   19:44 113
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pembahasan Kehidupan Agama Islam Ibadah, Muamalah dan Pengembangan Kehidupan Sosial Masyarakat

NAMA  : DENTA WAHYU CHANDRA PANGESTU

NIM      : 230101129

PRODI  : SISTEM INFORMASI

UNIVERSITAS DUTA BANGSA SURAKARTA

DOSEN PENGAMPU : MUHAMAD JULIJANTO

1.  Sebagai seorang muslim, pengalaman kehidupan keagamaan saya terutama berkaitan dengan ibadah, muamalah, dan pengembangan kehidupan sosial masyarakat. Dalam hal ibadah, saya selalu berusaha untuk melakukan shalat lima waktu dengan penuh khusyuk dan dilakukan secara berjamaah di masjid. Selain itu, saya juga berusaha untuk menjaga dan meningkatkan ibadah-ibadah sunnah seperti puasa sunnah, membaca Al-Quran, serta melakukan ibadah-ibadah lain yang dianjurkan.

Dalam muamalah atau hubungan antara sesama manusia, saya selalu berusaha untuk menjaga kesopanan dan mengedepankan sikap saling menghormati. Saya berusaha untuk selalu jujur dan adil dalam segala aspek kehidupan, baik dalam bisnis, pelayanan publik, maupun dalam hubungan antar individu.

Dalam pengembangan kehidupan sosial masyarakat, saya berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang kurang beruntung. Saya juga berupaya untuk berkontribusi dalam berbagai program sosial seperti penggalangan dana untuk pengobatan atau bantuan terhadap korban bencana.

2.  Meskipun kehidupan keagamaan saya dan masyarakat muslim pada umumnya memiliki nilai-nilai positif, namun tidak dapat dipungkiri bahwa ada beberapa praktik yang perlu diperbaiki dan dikritisi. Salah satu kritik saya adalah adanya ketimpangan dalam penerapan ajaran agama dalam kehidupan sosial, ekonomi, kesehatan, politik, hukum, kebudayaan, dan ilmu pengetahuan.

Misalnya, dalam bidang ekonomi, masih banyak praktik-praktik yang melanggar prinsip-prinsip Islam seperti riba, spekulasi, dan praktik ekonomi yang tidak transparan. Dalam politik, terdapat pemilihan pemimpin berdasarkan kepentingan pribadi atau kelompok, bukan berdasarkan kualitas dan integritas. Dalam hukum, terdapat diskriminasi terhadap kelompok minoritas atau golongan tertentu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun